EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

MANAJEMEN PEMBINAAN AKHLAK DI PONDOK PESANTREN NURUL HIJRAH JORONG

Mustafa, Rizky Amalia (2022) MANAJEMEN PEMBINAAN AKHLAK DI PONDOK PESANTREN NURUL HIJRAH JORONG. Skripsi, Dakwah dan Ilmu Komunikasi.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (802kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (282kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (469kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (605kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (197kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (807kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (288kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (392kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

ABSTRAK

Latar belakang pada penelitian ini dilandasi dengan adanya tingkat kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi sangat pesat terutama pada era globalisasi pada saat ini sangat berpengaruh dalam kehidupan masyarakat terutama bidang pendidikan, sosial dan budaya yang tentunya berdampak besar bagi anak�anak seperti bisa meninggalkan sholat melanggar norma hukum dan norma agama, seperti mengkonsumsi minuman keras, perkelahian, kenakalan remaja, bahkan ada yang sampai terjerumus pada pergaulan bebas. Maka dari itu pembinaan akhlak memang harus menjadi solusi utama terhadap permasalahan tersebut dan ditambah dengan menggunakan sistem manajemen diharapkan mampu membuat pembinaan akhlak menjadi lebih baik terutama di pondok pesantren Nurul Hijrah Jorong. Pokok permasalahan peneliti memfokuskan pada manajemen pembinaan akhlak terutama di Pondok Pesantren Nurul Hijrah Jorong, dan juga faktor pendukung dan faktor penghambat manajemen pembinaan akhlak di Pondok Pesantren Nurul Hijrah Jorong. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik yang digunakan pada penelitian ini dalam pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian manajemen pembinaan akhlak di Pondok Pesantren Nurul Hijrah Jorong sudah berjalan dengan baik karena sudah mengimplementasikan fungsi-fungsi manajemen seperti adanya perencanaan, pembagian tugas, pelaksanaan dan pengawasan yang dilaksanakan oleh para pengurus di Pondok Pesantren Nurul Hijrah Jorong. Pembinaan akhlak dalam bentuk program asrama seperti shalat fardhu berjamaah, tadarus Alqur’an secara berkelompok, shalat tahajjud dan shalat witir berjamaah, tanya jawab dan diskusi fiqih, tamyiz, tausiah agama di mushola, tilawah di mushola, burdahan, membaca surah al-kahfi, habsyi, pembelajaran arab melayu, english gathering/arabic gathering, pramuka. Untuk metode pembinaan akhlak yang diterapkan yakni pembinaan dengan keteladanan, pembinaan dengan nasihat, pembinaan dengan pembiasaan dan pembinaan dengan kedisiplinan ditambah dengan adanya faktor pendukung dengan adanya kerjasama yang baik antara pengurus, kemauan para santri untuk dibina, dan lingkungan yang mendukung untuk melaksanakan manajemen pembinaan akhlak di Pondok Pesantren Nurul Hijrah Jorong, kemudian kekurangan yang menjadi faktor penghambat yaitu sarana dan prasarana untuk pembinaan akhlak di Pondok Pesantren Nurul Hijrah Jorong.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 23 Mar 2022 06:52
Last Modified: 23 Mar 2022 06:52
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/18881

Actions (login required)

View Item View Item