EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Analisis Putusan Nomor: 3983/Pdt.G/2012/Pa.Bwi. Tentang Perubahan Dari Izin Cerai Menjadi Putusan Hakim

Maimunah, Maimunah (2022) Analisis Putusan Nomor: 3983/Pdt.G/2012/Pa.Bwi. Tentang Perubahan Dari Izin Cerai Menjadi Putusan Hakim. Skripsi, Syariah.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (233kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (719kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (100kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (220kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (282kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (147kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (80kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (108kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

ABSTRAK

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya permohonan cerai talak di Pengadilan Agama Banyuwangi dengan perkara Nomor: 3983/Pdt.G/2012/PA.Bwi. Para pihak dalam surat permohonannya baik Pemohon dan Termohon beragama Islam dan pada petitumnya Pemohon meminta izin untuk mengucapkan ikrar talak kepada Termohon, namun amar putusan hakim pada perkara ini menjatuhkan talak satu ba’in sughra kepada Temohon dikarenakan Pemohon mengaku telah murtad di pertengahan sidang. Putusan tersebut tidak sinkron dengan permohonan yang diajukan, sehingga memerlukan analisis mengenai hal tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui putusan hakim dalam perkara Nomor: 3983/Pdt.G/2012/PA.Bwi., serta mengetahui analisis dari putusan tersebut. Penelitian ini merupakan jenis penelitian hukum normatif (yuridis normatif) yang bersifat deskriptif analitis dengan menggunakan pendekatan perundang-undangan. Bahan hukum yang digunakan adalah bahan hukum primer berupa putusan hakim dan undang-undang, didukung oleh bahan hukum sekunder yaitu beberapa buku dan jurnal hukum yang berisi tentang asas hukum, pendapat para ahli hukum, dan hasil penelitian hukum lainya. Kumpulan bahan hukum tersebut diolah dan dianalisis secara deskriptif analitis. Hasil penelitian ini bahwa putusan Pengadilan Agama Banyuwangi pada perkara Nomor: 3983/Pdt.G/2012/PA.Bwi. yang mengabulkan permohonan izin cerai dengan menjatuhkan talak satu bai’n sughra kepada Termohon dirasa tidak menggambarkan asas putusan hakim yaitu hakim tidak boleh mengabulkan melebihi tuntutan sebagaimana pada Pasal 178 (3) HIR, Pasal 189 ayat (3) R.Bg dan Pasal 50 Rv. Seharusnya hakim menolak permohonan dikarenakan Pemohon baru mengakui bahwa ia telah murtad di pertengahan persidangan sehingga tidak dibolehkan mengucapkan ikrar talak, disisi lain dalil gugatan dari pemohon bahwa pertengkaran mereka disebabkan Termohon selingkuh belum bisa dibuktikan, sehingga cukup bagi hakim menolak permohonan.

Item Type: Skripsi
Subjects: K Law > K Law (General)
K Law > KZ Law of Nations
L Education > L Education (General)
Depositing User: Yulianti Herma
Date Deposited: 26 Apr 2022 05:31
Last Modified: 26 Apr 2022 05:31
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/19113

Actions (login required)

View Item View Item