EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Bimbingan Keagamaan Di Pondok Pesantren Tahfizh Amanah Umat Kecamatan Kertak Hanyar Kabupaten Banjar (Strategi dan Metode meningkatkan motivasi menghafal Alquran dan Akhlaq)

Sazali, Muhammad (2022) Bimbingan Keagamaan Di Pondok Pesantren Tahfizh Amanah Umat Kecamatan Kertak Hanyar Kabupaten Banjar (Strategi dan Metode meningkatkan motivasi menghafal Alquran dan Akhlaq). Skripsi, Dakwah dan Ilmu Komunikasi.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (286kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (193kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (619kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (587kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (205kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (646kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (406kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (417kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

ABSTRAK

Pondok Pesantren Tahfizh Amanah Umat merupakan lembaga pendidikan setara MTs dan MA yang berdiri di bawah Yayasan Amanah Umat Banua yang bergerak dibidang pendidikan menghafal Alquran. Pondok yang mempunyai konsep berbeda dengan pondok pesantren biasanya yaitu menghafal sambil belajar artinya pondok ini lebih fokus membina santrinya dalam menghafal Alquran. Pondok ini dalam melaksanakan program tentunya mempunyai strategi dan metode pembelajaran yang diterapkan kepada santrinya dalam menghafal Alquran disamping itu juga tidak lepas dari bimbingan para ustaz dalam membina para santrinya untuk mencapai target hafalan yang sudah ditentukan. Penelitian ini fokus membahas tentang strategi dan metode bimbingan keagamaan yang diterapkan dalam membina santri menghafal Alquran dan juga dapat meningkatkan motivasi santri dalam menghafal Alquran dimana bimbingan tersebut dapat membantu meningkatkan kualitas dan kuantitas penghafal Alquran. Metode penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Bimbingan keagamaan yang diterapkan di Pondok Pesantren Tahfizh Amanah Umat yaitu bimbingan menghafal Alquran dan bimbingan Adab dan akhlak. Bimbingan tersebut dilakukan secara maksimal oleh pengurus pondok Pesantren Tahfizh Amanah Umat dalam membina dan membimbing santrinya. Bimbingan menghafal Alquran yaitu pembelajaran Tahsin dan metode menghafal Alquran. Strategi yang diterapkan dalam bimbingan menghafal Alquran yaitu dengan mengunakan Halaqah-halaqah yang terdiri dari 12-13 santri dan menggunakan metode yang efektif dalam membantu santri dalam menghafal Alquran. Bimbingan adab dan akhlak yaitu bersumber dari kitab-kitab akhlak tetapi yang ditekankan adab dan akhlak terhadap orang tua, guru/ ustaz, teman dan lingkungan yang disampaikan dengan menggunakan metode nasehat-nasehat dan cerita-cerita yang mengandung hikmah baik di kelas maupun di Musala. Strategi yang diterapkan dalam bimbingan adab dan akhlak yaitu dengan memberikan materi-materi yang ringan sehingga mudah dan dapat diamalkan dalam kativitas setiap hari dan menetapkan Ustaz di setiap asrama untuk membimbing dan mengawasi.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Arianty Dewi Arianty Dewi
Date Deposited: 11 May 2022 23:54
Last Modified: 11 May 2022 23:54
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/19158

Actions (login required)

View Item View Item