EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

TINJAUAN YURIDIS TERHADAP PELAKSANAAN DAN PENGAWASAN PILKADA TAHUN 2020 DI KABUPATEN HULU SUNGAI TENGAH

Huda, Muhammad Ainul (2022) TINJAUAN YURIDIS TERHADAP PELAKSANAAN DAN PENGAWASAN PILKADA TAHUN 2020 DI KABUPATEN HULU SUNGAI TENGAH. Skripsi, Fakultas Syariah.

[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN.pdf

Download (35kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (5kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (921kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (545kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (318kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (671kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (7kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (227kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

ABSTRAK

Pemilihan Kepala Daerah secara demokrasi merupakan sebuah jawaban bagi masyarakat terhadap pemimpin yang mereka harapkan. Akan tetapi, pelaksanaan dan pengawasn Pilkada masih ada terdapat beberapa masalah seperti politik uang atau kekeliruan penghitungan suara. Hal ini harus ditindak lanjuti sesuai yuridis atau hukum terhadap pelaksanaan dan pengawasan Pilkada 2020 pada masa pandemi Covid-19. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pelaksanaan dan Pengawasan Pilkada Tahun 2020 di Kabupaten Hulu Sungai Tengah ditinjau dari Yuridis atau hukum. Jenis penelitian yaitu menggunakan penelitiannlapangan (FielddReseach) yang menggunakan metode peneltian kualilatif deskriptif. Data penelitian ini diambil dari laporan tahapan akhir Pilkada tahun 2020. Teknik yang digunakan untuk pengumpulan data yaitu obsevasi, wawancara, dan dokumentasi kemudian dianalisis dengan tahapan mengkaji hasil penelitian yang mengacu pada teori atau peraturan Undang-undang. Hasil penelitian ini. Pertama, pelaksanaan Pilkada Serentak 2020 di Kab. HST sudah sesuai dengan Regulasi dan Protokol Kesehatan serta dapat menyelesaikan sengketa hasil penghitungan suara sesuai PKPU Nomor 6 Tahun 2020 Pasal 75 tentang Penghitungan Suara. Kedua, pengawasan terhadap penghitungan suara berdasarkan Perbawaslu Nomor 16 Tahun 2020 yang dilakukan oleh KPU sudah sesuai dengan aturan dan tidak ada kekeliruan. Sedangkan tinjauan yuridis terhadap kecurangan politik uang dinyatakan gugur sesuai Perbawaslu 2 Tahun 2020 Pasal 53 karena tidak berhadir pada saat sidang.

Item Type: Skripsi
Subjects: K Law > K Law (General)
Depositing User: SH Muhammad Zaki Mubarak Asmaran
Date Deposited: 02 Jun 2022 01:52
Last Modified: 02 Jun 2022 01:52
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/19238

Actions (login required)

View Item View Item