EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

GAMBARAN SABAR PADA IBU YANG MEMILIKI ANAK TUNAGRAHITA DI KECAMATAN BARAMBAI KABUPATEN BARITO KUALA

Zulkifli, Muhammad Erwin (2022) GAMBARAN SABAR PADA IBU YANG MEMILIKI ANAK TUNAGRAHITA DI KECAMATAN BARAMBAI KABUPATEN BARITO KUALA. Skripsi, Ushuluddin dan Humaniora.

[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN.pdf

Download (436kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (638kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (868kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (818kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (473kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (977kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (337kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (561kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

ABSTRAK

Anak tunagrahita adalah salah satu anak yang memiliki sifat atau kualitas luar biasa yang tidak sama dengan anak-anak biasa pada umumnya, baik itu dalam kapasitas, minat, bakat maupun sistem pendidikannya. Kondisi anak tunagrahita menyebabkan orangtua memiliki berbagai beban berat dalam mengurus anak, karena anak tunagrahita memiliki kelemahan-kelemahan tersendiri dan harus mendapat perhatian lebih yang berbeda dengan anak normal lainnya. Respon kurang baik yang di alami oleh orang tua juga merupakan sesuatu yang khas untuk dirasakan terutama bagi seorang ibu, karena ibu adalah orang yang paling banyak memberikan pengajaran dan bimbingan kepada anak-anak. Maka dari itu seorang ibu harus menunjukkan sikap sabar ketika mengasuh serta menghadapi semua tingkah laku anak tunagrahita. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran sabar pada ibu yang mempunyai anak tunagrahita dan faktor yang mempengaruhinya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Jumlah subjek dalam penelitian sebanyak 3 orang ibu yang mempunyai anak tunagrahita. Metode pengumpulan data yang di gunakan adalah metode wawancara dan metode observasi. Hasil dari penelitian ini yaitu: 1) Aspek pengendalian diri, ketiga subjek memiliki kesamaan dalam mengendalikan dirinya yakni dengan tidak melakukan hukuman kepada anaknya. 2) Aspek ketabahan, subjek AB dan WH memiliki kesamaan yakni dengan tidak memperdulikan hinaan orang-orang. Berbeda halnya dengan subjek KS yang akan berkecil hati ketika mendapatkan hinaan dari orang-orang. 3) Aspek kegigihan, ketiga subjek memiliki kesamaan ketika merawat anaknya tanpa adanya perasaan menyerah. 4) Aspek menerima kenyataan, ketiga subjek memiliki kesamaan yakni dengan menerima bagaimanapun keadaan anaknya. 5) Aspek sikap tenang, subjek WH dan KS memiliki kesamaan yakni sering bersikap marah-marah ketika anaknya sulit di atur. Berbeda dengan subjek AB yang tidak pernah bersikap marah-marah kepada anaknya. Selanjutnya terkait tentang faktor yang mempengaruhi kesabaran subjek yaitu adanya faktor pengalaman yang di miliki oleh masing-masing subjek serta adanya rasa keimanan subjek kepada Allah Swt. Ketiga subjek mengakui bahwa anak yang telah mereka lahirkan semata-mata merupakan pemberian dari Allah Swt.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Depositing User: SH Muhammad Zaki Mubarak Asmaran
Date Deposited: 23 Jun 2022 02:03
Last Modified: 23 Jun 2022 02:03
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/19421

Actions (login required)

View Item View Item