EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

ANALISIS SEMIOTIKA PESAN DAKWAH DALAM FILM KUKEJAR CINTA KE NEGERI CINA

IVANIA, IVANIA (2022) ANALISIS SEMIOTIKA PESAN DAKWAH DALAM FILM KUKEJAR CINTA KE NEGERI CINA. Skripsi, Dakwah Dan Ilmu Komunikasi.

[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN - IVANIA.pdf

Download (449kB)
[img] Text
AWALAN - IVANIA.pdf

Download (3MB)
[img] Text
ABSTRAK - IVANIA.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB I - IVANIA.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB II - IVANIA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
BAB III - IVANIA.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB IV - IVANIA.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB V - IVANIA.pdf

Download (3MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA - IVANIA.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Lampiran - IVANIA.pdf

Download (4MB)

ABSTRAK

Latar belakang dakwh juga melalui media sosial atau media massa. Dakwah melalui media massa seperti film. Pada masa sekarang orang lebih berminat pada film, karena film memiliki audio visual yang dapat diminati kapan saja dan dimana saja. Selain itu, film juga sebagai media dakwah yang sangat efektif. Salah satunya film Kukejar Cina Ke Negeri Cina karya Ninit Yunita. Film ini memperingatkan kepada penonton bagaimana seharusnya kita harus menaati perintah wajib Allah swt jangan pernah meninggalkan sholat, karena sholat merupakan tiang agama bagi umat islam dan jangan pula berniat untuk manusia jika ingin berubah menjadi lebih baik, harusnya semua itu diniatkan karena Allah swt. Tujuan penelitian ini yaitu (1) memahami makna yang sebenarnya (denotasi) dan makna kias (konotasi). (2) memahami pesan dakwah yang terdapat dalam Film Kukejar Cinta ke Negeri Cina. Penelitian ini menggunakan penilitian dengan jenis riset kepustakaan dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data primer dan data sekunder dari hasil observasi dan dokumentasi. Data ini akan dianalisis apa saja tanda-tanda dan pesan dakwah yang terkandung di dalamnya, baik dalam makna denotasi dan konotasi serta pesan dakwah yang terbagi menjadi 3 bidang, yaitu syariah, akidah dan akhlak. Adapun hasil penelitian ini film Kukejar Cinta Ke Negeri Cina ini memiliki makna denotasi sebagai film menggambarkan sosok seorang yang tidak pernah mendirikan sholat, ada salah satu teman yang selalu mengingatkannya untuk sholat, akan tetapi dia risih karena selalu diingatkan dan makna konotasi dari film itu seseorang yang tidak pernah bersyukur akan hal telah ia jalani pada hidupnya dan selalu menyalahkan garis takdir yang telah ditetapkan oleh Allah. Adapun dalam pesan dakwah dalam bidang akidah adalah seseorang yang selalu tidak menjalankan perintah wajib yaitu shalat dan selalu melalaikan perintah-Nya. syariah adalah seseoarang yang lalai akan perintah-Nya dan selalu diingatkan agar mau menjalankan perintah tersebut. Seseorang ini selalu mempunyai iman yang turun terus. Sedangkan akhlak adalah seorang teman yang selalu peduli kepada teman agar tetap berada dalam jalan kebaikan agar selalu ingat kepada Allah swt dan menerima dengan ikhlas apa yang telah Allah beri garis takdir pada dirinya.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Depositing User: Raisya Hani Syanie
Date Deposited: 29 Jun 2022 03:20
Last Modified: 29 Jun 2022 03:20
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/19477

Actions (login required)

View Item View Item