EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

KONSEP ISLAM YANG DAMAI DALAM NOVEL AYAT AYAT CINTA 2 KARYA HABIBURRAHMAN EL SHIRAZY

Syarwani, Ahmad (2022) KONSEP ISLAM YANG DAMAI DALAM NOVEL AYAT AYAT CINTA 2 KARYA HABIBURRAHMAN EL SHIRAZY. Skripsi, Ushuluddin dan Humaniora.

[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN.pdf

Download (167kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (895kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (126kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (636kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (967kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (498kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (324kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (502kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

ABSTRAK

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh terusiknya perdamaian sebuah negara karena adanya kejadian bom bunuh diri di berbagai wilayah, sehingga memunculkan citra Islam sebagai teroris. Selain itu, adanya fenomena Islamophobia yang mengakibatkan minoritas Islam di beberapa negara mendapatkan perlakuan yang tidak seharusnya. Terlepas dari fenomena tersebut, muncul novel Ayat-Ayat Cinta 2 yang mengisahkan kehidupan seorang Fahri dalam menghadapi segala permasalahan-permasalahan kehidupan selama tinggal di negara minoritas Muslim. Berdasarkan paparan tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsep Islam Agama yang damai baik secara umum ataupun dari sudut pandang novel Ayat–Ayat Cinta 2. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian adalah studi kepustakaan (library research), yaitu berupa studi dokumen atau teks, yang jika meneliti sebuah karya sastra (fiksi). Selain menginterpretasi isi dokumen sebuh karya yang terpisah dari penulisnya, juga untuk menggali pikiran seseorang yang tertuang dalam karya sastra tersebut. Data penelitian ini diambil dari buku, jurnal, surat kabar, website, lalu di klasifikasi berdasarkan relevansi. Selanjutnya dianalisis menggunakan teori konsep damai dalam perspektif Islam untuk mengetahui konsep Islam yang damai Novel Ayat-Ayat Cinta 2. Hasil dari penelitian adalah bahwa. (1) Konsep damai merupakan ajaran yang paling inti dari agama islam, bahkan nama islam sendiri telah menyimbolkaan bawa Islam adalah agama yang damai, penyataan itu pun juga di pertegas dengan diutusnya Rasulullah Saw,untuk memperlihatkan keindahan Islam dan kebesahajaan Islam sebagai agama yang damai. (2) Sedangkan konsep Islam yang damai dalam novel Ayat Ayat Cinta 2, Dimana konsep Islam yang damai merupakan pengonsepan kebagian paling mendasar atau yang paling inti dari agama Islam yakni Pertama: Damai dengan Tuhan, Kedua; Damai dengan diri Sendiri, Ketiga; Damai dengan Sesama Manusia, Keempat; Damai dengan Lingkungan dan Kelima; Damai sistem sosial dan masyarakaat Barat.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Depositing User: SH Muhammad Zaki Mubarak Asmaran
Date Deposited: 30 Jun 2022 01:34
Last Modified: 30 Jun 2022 01:34
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/19482

Actions (login required)

View Item View Item