EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Penggunaan Media Berbasis Teknologi dalam Pembelajaran IPA Kelas V MI Darul Huda Banjarmasin

Hasanah, Mauizatul (2022) Penggunaan Media Berbasis Teknologi dalam Pembelajaran IPA Kelas V MI Darul Huda Banjarmasin. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruaan.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (86kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (205kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (460kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (281kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (36kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (244kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (7kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (120kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

ABSTRAK

Pemilihan media dalam pembelajaran memberikan perubahan yang signifikan kepada siswa. Dengan hadirnya permasalah tersebut menyebabkan peneliti tertarik untuk melakukan penelitian dengan permasalahan yang terjadi tersebut dengan mengangkat judul:“Penggunaan Media berbasis Teknologi Dalam Pembelajaran IPA Kelas V MI Darul Huda Banjarmasin”.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengtahui penggunaan media berbasis teknologi yang digunakan dalam pembelajaran IPA serta untuk dapat mengetahui faktor pendukung dan penghambat penggunaan media berbasis teknologi dalam pembelajaran IPA kelas V MI Darul Huda Banjarmasin agar dapat menambah wawasan pengetahuan kita tentang eratnya hubungan suatu pengetahuan, media berbasis teknologi dalam sebuah pembelajaran. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (Field Research) yang sifatnya deskriptif memfokuskan pada fenomena yang terjadi saat ini dimana pendidikan yang berkembang pesat mengikuti perkembangan teknologi yang semakin maju, sehingga berpengaruh pada pembelajaran. Pendekatan penelitian ini bersifat kualitatif yakni penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan yang dapat diamati dari siswa dan siswi, guru serta kepala sekolah disekolah MI Darul Huda Banjarmasin yang menjadi subjek dalam penelitian, yang datanya diperoleh menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, serta dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian diketahui pengunaan media berbasis teknologi dalam pembelajaran IPA kelas V berupa Proyektor, yang disediakan sekolah untuk menampilkan PPT, gambar, serta video yang berkaitan dengan materi yang diajarkan selama pembelajaran tatap muka, sedangkan pada pembelajaran daring/online guru cenderung menggunakan WA grup, Google Classroom, youtube serta Google Form untuk melakukan absen dan ujian sebagai alternatif pilihan media pembelajaran yang digunakan selama pembelajaran di masa pandemi. Faktor pendukung dalam penggunaan media berbasis teknologi sarana yang lengkap, adanya pengalaman, penguasaan guru terhadap media berbasis teknologi, serta kesiapan guru terhadap penggunaan media berbasis teknologi, adanya dukungan dan bimbingan orangtua. Sedangkan faktor penghambatnya adalah terkendalanya jaringan internet dan kuota terbatas, kesulitan mengerjakan tugas yang diberikan guru sehingga mengakibatkan penurunan terhadap nilai siswa, kesulitan berkonstrasi dan memahami materi, kurangnya bimbingan dan motivasi belajar dari guru dan orangtua.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Depositing User: Risda Umiyati Salamah
Date Deposited: 14 Jul 2022 23:55
Last Modified: 14 Jul 2022 23:55
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/19608

Actions (login required)

View Item View Item