EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

KESEJAHTERAAN PSIKOLOGIS ANGGOTA KEGIATAN KEAGAMAAN YASINAN DI MASA PANDEMI COVID-19 (Studi Deskriptif pada Anggota Yasinan Pasar Minggu Maliku)

Ulfah, Melenia (2022) KESEJAHTERAAN PSIKOLOGIS ANGGOTA KEGIATAN KEAGAMAAN YASINAN DI MASA PANDEMI COVID-19 (Studi Deskriptif pada Anggota Yasinan Pasar Minggu Maliku). Skripsi, Ushuluddin dah Humaniora.

[img] Text
Pernyataan Keaslian Tulisan_Melenia Ulfah.pdf

Download (176kB)
[img] Text
Awal_Melenia Ulfah.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Abstrak_Melenia Ulfah.pdf

Download (181kB)
[img] Text
BAB I_Melenia Ulfah.pdf

Download (812kB)
[img] Text
BAB II_Melenia Ulfah.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III_Melenia Ulfah.pdf

Download (415kB)
[img] Text
BAB IV_Melenia Ulfah.pdf

Download (911kB)
[img] Text
BAB V_Melenia Ulfah.pdf

Download (188kB)
[img] Text
Dafus_Melenia Ulfah.pdf

Download (421kB)
[img] Text
Lampiran_Melenia Ulfah.pdf

Download (2MB)

ABSTRAK

Tanda dari adanya kesejahteraan psikologis pada diri individu ialah dapat memanfaatkan keberfungsian diri secara efektif sehingga merasakan bahagia dan puas dalam hidup. Kesejahteraan psikologis penting untuk dimiliki terutama di masa-masa sulit seperti pandemi Covid-19. Untuk mendapatkan kesejahteraan psikologis, individu dapat melakukan berbagai hal yang positif salah satunya dengan mengikuti kegiatan keagamaan yasinan seperti yasinan. Di desa Pasar Minggu Maliku terdapat beberapa orang yang mengikuti kegiatan keagamaan yasinan semenjak adanya pandemi Covid-19. Hal itu mungkin terjadi dikarenakan orang-orang tersebut menyadari adanya dampak positif yang akan dirasakan dari mengikuti kegiatan yasinan, seperti merasakan kesejahteraan psikologis. Penelitian ini bertujuan mengetahui kondisi kesejahteraan psikologis anggota kegiatan keagamaan yasinan di masa pandemi Covid-19, faktor yang mempengaruhinya serta peran kegiatan yasinan yang diikuti tersebut terhadap kesejahteraan psikologis anggotanya. Jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan subjek dua orang anggota yasinan yang baru mengikuti yasinan semenjak pandemi Covid-19 di Desa Pasar Minggu Maliku. Metode pengumpulan data dengan wawancara semi-terstruktur disertai observasi dan dokumentasi, yang kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis Milles and Huberman. Hasil penelitian menunjukkan kondisi kesejahteraan psikologis kedua subjek bervariasi, dilihat dari aspek-aspek kesejahteraan psikologis yang dipenuhinya. Subjek NS memenuhi empat aspek kesejahteraan psikologis yakni penerimaan diri yang baik, terjalinnya hubungan positif dengan orang lain, memiliki tujuan hidup dan pertumbuhan pribadi. Sedangkan subjek MI dapat memenuhi lima aspek kesejahteraan psikologis yakni aspek penerimaan diri, kemandirian, penguasaan lingkungan, tujuan hidup dan pertumbuhan pribadi. Diantara faktor yang mempengaruhi kesejahteraan psikologis pada kedua subjek ialah religiusitas, dukungan sosial, budaya, usia, serta kepribadian yang ada pada diri subjek. Adapun peran kegiatan yasinan terhadap kesejahteraan psikologis yakni dapat menumbuhkembangkan aspek-aspek yang menyusun kesejahteraan psikologis itu sendiri, seperti meningkatkan hubungan positif dengan orang lain, mewujudkan penguasaan lingkungan, mengarahkan tujuan hidup, membantu proses penerimaan diri, membangun kemandirian, dan menumbuhkembangkan pribadi kedua subjek anggota yasinan tersebut.

Item Type: Skripsi
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 21 Jul 2022 07:04
Last Modified: 21 Jul 2022 07:04
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/19687

Actions (login required)

View Item View Item