EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN MATERI KEWARISAN PADA MAN 1 TAPIN

Muafik Azizah, Muafik Azizah (2022) PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN MATERI KEWARISAN PADA MAN 1 TAPIN. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
Pernyataan Keaslian Tulisan Muafik Azizah.pdf

Download (357kB)
[img] Text
Awal Muafik Azizah.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Abstrak Muafik Azizah.pdf

Download (128kB)
[img] Text
BAB 1 Muafik Azizah.pdf

Download (634kB)
[img] Text
BAB 2 Muafik Azizah.pdf

Download (512kB)
[img] Text
BAB 3 Muafik Azizah.pdf

Download (415kB)
[img] Text
BAB 4 Muafik Azizah.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 5 Muafik Azizah.pdf

Download (128kB)
[img] Text
Daftar Pustaka Muafik Azizah.pdf

Download (252kB)
[img] Text
Lampiran Muafik Azizah.pdf

Download (2MB)

ABSTRAK

Permasalahan yang ada dalam penelitian ini yaitu pelajaran ini merupakan pelajaran yang sulit diajarkan jika dibandingkan dengan materi lainnya sehingga masih banyak yang mengalami problematika pembelajaran fikih khususnya materi waris. Problematika tersebut membuat peserta didik kesulitan dalam memahami materi ini karena materi ini berkaitan dengan hitungan dan tidak mudah untuk menghitung pembagian setiap orang yang mendapatkan hak waris sehingga hasil belajarpun menjadi kurang optimal, pada pembelajaran materi waris ini penggunaan strategi dan metode yang digunakan dalam pembelajaran fikih bahkan cenderung masih monoton sehingga peserta didik menjadi bosan dan tidak bersemangat dalam belajar. Guru yang mengajarpun kesulitan dalam mengajar karena materi tersebut diajarkan oleh guru yang baru saja mengajarkan dan mempelajari materi tersebut sehingga menjadi tantangan bagi guru yang mengajar fikih, selain itu guru juga terkendala dengan waktu mengajar yaitu 2 jam dalam 1 minggu sedangkan materi ini perlu penjelasan yang lebih detail terkait materi yang diajarkan. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui problematika pembelajaran materi kewarisan pada MAN 1 Tapin dan faktor apa saja yang menyebabkan munculnya problematika dalam pembelajaran kewarisan pada MAN 1 Tapin. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini bersifat kuantitatif dan metode yang digunakan adalah deskriptif yaitu dengan teknik puposive sampling yang menjadi populasi 71 orang dan sampel 36 orang. Objek penelitian adalah problematika pembelajaran materi waris pada MAN 1 Tapin. Hasil analisis data, diperoleh simpulan bahwa problematika yang di hadapi oleh guru materi waris pada MAN 1 Tapin yaitu problematika yang berhubungan dengan peserta didik, problematika yang berhubungan dengan penguasaan dan pengembangan materi pembelajaran, problematika yang berhubungan dengan metode pembelajaran, problematika yang berhubungan dengan sumber belajar, dan problematika yang berhubungan dengan evaluasi pembelajaran. Problematika yang dihadapi yaitu peserta didik bosan saat mengikuti pembelajaran, materi kewarisan tidak memiliki alokasi waktu yang sesuai dengan kesulitannya, materi kewarisan hanya dapat dipahami oleh yang memahami matematika, materi kewarisan sulit dipahami, dan perhitungan waris sulit dipahami.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 25 Jul 2022 06:47
Last Modified: 25 Jul 2022 06:47
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/19711

Actions (login required)

View Item View Item