EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Optimisme Pada Remaja Penghafal Al Qur’an Di Rumah Tahfizh Qur’an Al Azhar Al Syarif

Aliya, Rahmah (2022) Optimisme Pada Remaja Penghafal Al Qur’an Di Rumah Tahfizh Qur’an Al Azhar Al Syarif. Skripsi, Ushuluddin dan Homaniora.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (115kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (132kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (291kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (393kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (239kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (462kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (104kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (160kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

ABSTRAK

Menghafal Al-Qur’an bukan suatu perkara yang mudah dan memerlukan proses yang panjang. Dalam proses menghafal Al Qur’an seseorang pasti akan menemui banyak kesulitan ataupun hambatan yang dihadapi. Hambatan-hambatan dalam menghafal Al Qur’an tersebut pada dasarnya akan mampu diatasi dan diselesaikan jika seseorang memiliki sikap optimisme. Optimisme adalah cara berpikir yang positif dan realistis dalam memandang suatu masalah serta berusaha menyelesaikan dan keluar dari masalah tersebut. Maka adanya penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat optimisme pada remaja penghafal Al Qur’an di Rumah Tahfizh Qur’an Al Azhar Al Syarif. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah remaja penghafal Al Qur’an di Rumah Tahfizh Qur’an Al Azhar Al Syarif yang berjumlah 127 orang. Pengambilan sampel dengan teknik probability sampling dengan jenis pengambilan sampel yaitu random sederhana. Dalam menentukan jumlah sampel pada penelitian ini menggunakan rumus yang dikembangkan oleh Isaac dan Micheal. Instrumen pengumpulan data penelitian ini menggunakan Skala model Likert. Dalam penelitian ini skala optimisme dimodifikasi dari skala yang disusun oleh Anisatul Mukaromah. Skala optimisme remaja penghafal Al Qur’an yang dikonstruk dari tiga aspek optimisme yaitu, permanent, pervasive dan personalization. Kuesioner optimisme remaja penghafal Al Qur’an memuat 26 item. Reliabilitas instrument dihitung menggunakan formula Alpha Cronbach dengan nilai koefisien reliabilitas sebesar 0,825. Analisis data dilakukan dengan teknik analisis statistik deskriptif dengan bantuan SPSS 26 for Windows. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa remaja penghafal Al Qur’an di Rumah Tahfizh Qur’an Al Azhar Al Syarif memiliki tingkat optimisme sebagai berikut: terdapat 52 remaja (41%) yang memiliki optimisme sangat tinggi, terdapat 57 remaja (45%) yang memiliki optimisme tinggi, terdapat 18 remaja (14%) yang memiliki optimisme sedang, terdapat 0 remaja (0%) pada kategori rendah dan kategori sangat rendah. Secara umum dapat disimpulkan bahwa tingkat optimisme pada bahwa remaja penghafal Al Qur’an di Rumah Tahfizh Qur’an Al Azhar Al Syarif dalam kategori tinggi.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Unnamed user with email [email protected]
Date Deposited: 01 Aug 2022 01:18
Last Modified: 01 Aug 2022 01:18
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/19970

Actions (login required)

View Item View Item