EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

ALTERNATIF DAN STRATEGI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SMA NEGERI 1 BINUANG

FAUZI, AKHMAD (2022) ALTERNATIF DAN STRATEGI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SMA NEGERI 1 BINUANG. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN.pdf

Download (364kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (250kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (489kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (496kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (491kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (449kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (252kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (466kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

ABSTRAK

Latar belakang dalam penelitian ini bagaimana seorang guru dalam memaksimalkan penyampaian pembelajaran di masa pandemi COVID-19, dimana pentingnya untuk melangsungkan pembelajaran ditengah segala keterbatasan akibat masa pandemi yang sedang berlangsung, khususnya untuk pembelajaran pendidikan agama islam, sebagai modal bagi para peserta didik untuk melanjutkan ketingkat pendidikan yang lebih tinggi, lebih jauh sebagai modal untuk peserta didik menjalani kehidupan yang akan dijalani selama di dunia. Pendekatan penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research), dan Jenis penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru bidang studi PAI dan siswa/i kelas XI IPA di SMA Negeri 1 Binuang. Objek penelitian ini adalah tentang alternatif dan strategi pembelajaran yang dilakukan oleh guru pendidikan agama Islam dalam mengupayakan maksimalnya proses pembelajaran. Serta dampak positif dan negatif pelaksanaan pembelajaran pendidikan agama islam pada masa COVID-19 di SMA Negeri 1 Binuang. Teknik pengumpulan data penelitian ini diantaranya melalui wawancara, observasi dan dokumentasi, semua data yang dikumpulkan diproses secara sistematis melalui proses editing, koleksi, dan mengklasifikasikan data. Setelah itu, semua data dianalisis secara deskriptif kualitatif. Lalu, disimpulkan dengan menggunakan metode induktif. Dari hasil penelitian ini menunjukan bahwa pembelajaran pendidikan agama islam yang dilangsungkan selama masa pandemi COVID-19 yaitu 100% daring (pembelajaran jarak jauh) dan juga hybrid learning yaitu 50% pembelajaran tatap muka 50% pembelajaran jarak jauh. Serta strategi atau siasat yang dilakukan oleh guru pendidikan agama islam di SMA Negeri 1 Binuang yang menggunakan berbagai variasi cara untuk menyampaikan materi pembelajaran, sehingga peserta didik menjadi lebih mudah dalam menerima pembelajaran yang diberikan.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: S.H SITI KURNIA YUSNI TAUFIK (ALM)
Date Deposited: 01 Aug 2022 07:54
Last Modified: 01 Aug 2022 07:54
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/20018

Actions (login required)

View Item View Item