EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

KEGIATAN KEAGAMAAN PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI ASRAMA 2 MA’HAD AL-JAMI’AH UIN ANTASARI BANJARMASIN

Kholifah, Siti (2022) KEGIATAN KEAGAMAAN PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI ASRAMA 2 MA’HAD AL-JAMI’AH UIN ANTASARI BANJARMASIN. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN SITI KHOLIFAH.pdf

Download (148kB)
[img] Text
AWAL SITI KHOLIFAH.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK SITI KHOLIFAH.pdf

Download (197kB)
[img] Text
BAB I SITI KHOLIFAH.pdf

Download (574kB)
[img] Text
BAB II SITI KHOLIFAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (650kB)
[img] Text
BAB III SITI KHOLIFAH.pdf

Download (322kB)
[img] Text
BAB IV SITI KHOLIFAH.pdf

Download (600kB)
[img] Text
BAB V SITI KHOLIFAH.pdf

Download (110kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA SITI KHOLIFAH.pdf

Download (410kB)
[img] Text
LAMPIRAN SITI KHOLIFAH.pdf

Download (1MB)

ABSTRAK

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena yang baru pertama terjadi di Indonesia yaitu pandemi covid-19. Covid-19 merupakan penyakit menular yang disebabkan oleh sindrom pernapasan akut coronavirus 2 (serever acute resipiratory syndrome coronavirus 2 atau SARSCoV -2). COVID-19 sendiri merupakan coronavirus jenis baru yang ditemukan di Wuhan, Hubei, China pada tahun 2019. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kegiatan keagamaan apa saja yang dilaksanakan di asrama 2 ma’had al-Jami’ah UIN Antasari pada masa pandemi covid-19, serta untuk mengetahui faktor penghambat dan faktor pendukung dari kegiatan keagamaan pada masa pandemi covid-19 di asrama 2 ma’had al-Jami’ah UIN Antasari Banjarmasin. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan melalui metode kuaitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah murabbiyah, musyrifah, dan mahasantriwati asrama 2 tahap 4 pemondokan ma’had al-Jami’ah UIN Antasari Banjarmasin. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah kegiatan keagamaan pada masa pandemi covid-19 di asrama 2 ma’had al-Jami’ah UIN Antasari Banjarmasin serta faktor pendukung dan penghambatnya. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumen. Adapun teknik pengolahan data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian, kegiatan keagamaan pada masa pandemi covid-19 adalah sholat berjamaah, sholat tahajud, witir, shalat duha, shalat taubat, wirid, dzikir, tadarus Al-Qur’an, tausiyah, halaqah, serta habsy dan burdah. Kegiatan keagamaan ini dilaksanakan dengan menjalankan kebijakan dari pengelola ma’had yaitu pemadatan waktu pemondokan menjadi satu bulan, selalu menggunakan masker disetiap kegiatan serta pengurangan mobilitas penghuni asrama. Faktor pendukung kegiatan keagamaan pada masa pandemi covid-19 di asrama 2 adalah adanya sarana dan prasarana yang sangat mendukung setiap kegiatan. Sedangkan faktor penghambatnya adalah karena pada masa pandemi ini mewajibkan seluruh mahasantriwati dan pengurus asrama 2 untuk selalu menggunakan masker disetiap kegiatan maka ada kalanya mereka merasa pengap dan sulit bernafas ketika memakai masker dalam waktu yang cukup lama.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 04 Aug 2022 02:15
Last Modified: 04 Aug 2022 02:15
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/20082

Actions (login required)

View Item View Item