EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

PENGARUH PENGGUNAAN STRATEGI DRTA TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS V MI AHMAD DENAN BANJARMASIN

Erika, Erika (2022) PENGARUH PENGGUNAAN STRATEGI DRTA TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS V MI AHMAD DENAN BANJARMASIN. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (339kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (186kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (658kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (564kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (590kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (321kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (323kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (9MB)

ABSTRAK

Permasalahan dalam penelitian ini siswa yang kurang terlibat aktif dalam pembelajaran, kesulitan siswa dalam memahami bacaan dan kesulitan siswa dalam menjawab soal sehingga berakibat pada rendahnya keterampilan membaca pemahaman yang diperoleh. Adapun tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui: 1) untuk mengetahui keterampilan membaca pemahaman sebelum menggunakan strategi DRTA siswa kelas V MI Ahmad denan banjarmasin, 2) untuk mengetahui keterampilan membaca pemahaman sesudah menggunakan strategi DRTA siswa kelas V MI Ahmad denan banjarmasin, 3) untuk mengetahui pengaruh penggunaan strategi DRTA terhadap keterampilan membaca pemahaman siswa kelas V MI Ahmad Denan Banjarmasin. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan, pendekatan kuantitatif, dengan menggunakan pre-experimental design. Tempat dan waktu penelitian di MI Ahmad Denan Banjarmasin tahun ajaran 2022 semester 2. Populasi dan sampel penelitian adalah seluruh siswa kelas V menggunakan teknik sampling jenuh. Data penelitian menggunakan data pokok (pretest-posttest) dan data penunjang, sumber data penelitian berasal dari responden, informan dan dokumen. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah penggunaan strategi DRTA sedangkan variabel terikat adalah keterampilan membaca pemahaman siswa kelas V. Instrumen penelitian berbentuk pilihan ganda dan telah diuji validitasnya kepada tim ahli yaitu 1 dosen Bahasa Indonesia dan 1 guru Bahasa Indonesia. Pengumpulan data diambil melalui tes, wawancara, dan dokumentasi. Setelah data terkumpul, dilakukan perhitungan data statistika meliputi rata-rata, standar deviasi, variansi, dan uji normalitas. Selanjutnya dianalisis dengan uji t-paired. Hasil analisis data menunjukkan bahwa nilai rata-rata siswa sebelum menggunakan strategi DRTA adalah 63,42 yakni berada pada predikat nilai kurang dan setelah menggunakan strategi DRTA adalah 76,32 yakni berada pada predikat nilai cukup. Hal ini dapat disimpulkan bahwa keterampilan membaca pemahaman siswa mengalami penambahan skor sebesar 12,9. Menggunakan uji t�paired, didapat nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 yang berarti H0 ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat dikatakan terdapat pengaruh positif yang signifikan penggunaan strategi DRTA terhadap keterampilan membaca pemahaman siswa kelas V MI Ahmad Denan Banjarmasin.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 09 Aug 2022 03:26
Last Modified: 09 Aug 2022 03:26
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/20187

Actions (login required)

View Item View Item