EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

PERAN ORANG TUA DALAM MEMBANTU ANAK USIA 3-6 TAHUN YANG MENGALAMI KETERLAMBATAN BERBICARA (STUDI KASUS DI DESA BAJAWIT KECAMATAN AMUNTAI SELATAN KABUPATEN HULU SUNGAI UTARA)

Herawati, Nanie (2022) PERAN ORANG TUA DALAM MEMBANTU ANAK USIA 3-6 TAHUN YANG MENGALAMI KETERLAMBATAN BERBICARA (STUDI KASUS DI DESA BAJAWIT KECAMATAN AMUNTAI SELATAN KABUPATEN HULU SUNGAI UTARA). Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN.pdf

Download (171kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (183kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (604kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (467kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (304kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (484kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (289kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (402kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

ABSTRAK

Masalah keterlambatan bicara anak merupakan masalah yang cukup serius yang harus segera ditangani karena merupakan salah satu penyebab gangguan perkembangan yang paling sering ditemukan pada anak. Para orang tua yang memiliki anak yang mengalami keterlambatan berbicara dinilai berhasil dalam membantu perkembangan berbicara anak. Maka keberhasilan itu lah yang perlu untuk diketahui sehingga orang tua lainnya dapat menerapkannya pula. Sehingga tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran orang tua dalam membantu anak yang mengalami keterlambatan berbicara. Jenis penelitian ini yaitu penelitian lapangan (Studi kasus), melalui pendekatan deskriptif kualitatif. Sebanyak 5 orang Anak berusia 3-6 tahun yang mengalami Keterlambatan Berbicara dan 5 Orang Tua yang menjadi subjek penelitian. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik pengolahan dan analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan (verifikasi). Hasil penelitian dapat diketahui bahwa terdapat beberapa upaya atau peran orang tua dalam mengembangkan kemampuan berbicara anak. Peran orang tua adalah yang paling utama dalam membantu perkembangan berbicara anak, karena peran orang tua sangat dibutuhkan untuk mengarahkan dan mendidik anak agar berkembang dalam berbicaranya, serta anak akan mampu dan lancar dalam berkomunikasi dengan lingkungan sekitarnya. Peran orang tua dalam membantu anak yang mengalami keterlambatan berbicara di Desa Bajawit yaitu; sering mengajak anak berbicara, membantu membenarkan pengucapan anak yang salah, mengenalkan lingkungan sekitar, membacakan buku cerita, mengajak anak bernyanyi, mengajak bermain, membatasi penggunaan gadget dan tanya jawab.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: FAHMI FAHMI FAHMI
Date Deposited: 10 Aug 2022 03:40
Last Modified: 10 Aug 2022 03:40
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/20221

Actions (login required)

View Item View Item