EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Zakat Sebagai Pengurang Penghasilan Kena Pajak (Studi Efektivitas Pasal 22 Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2011 tentang Pengelolaan Zakat di Kota Banjarmasin)

Habibie, David Fuad (2022) Zakat Sebagai Pengurang Penghasilan Kena Pajak (Studi Efektivitas Pasal 22 Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2011 tentang Pengelolaan Zakat di Kota Banjarmasin). Tesis, Pascasarjana.

[img] Text
1. PERNYATAAN.pdf

Download (198kB)
[img] Text
2. AWAL.pdf

Download (763kB)
[img] Text
3. ABSTRAK.pdf

Download (7kB)
[img] Text
4. BAB I - Tesis.pdf

Download (438kB)
[img] Text
5. BAB II - Tesis.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (858kB)
[img] Text
6. BAB III - Tesis.pdf

Download (253kB)
[img] Text
7. BAB IV - Tesis.pdf

Download (731kB)
[img] Text
8. BAB V - Tesis.pdf

Download (97kB)
[img] Text
8. BAB V - Tesis.pdf

Download (97kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (274kB)
[img] Text
10. LAMPIRAN.pdf

Download (6MB)

ABSTRAK

Di dalam Pasal 22 Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2011 Tentang Pengelolaan Zakat menyebutkan bahwa zakat yang dibayarkan oleh muzaki kepada BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional) atau LAZ (Lembaga Amil Zakat) dikurangkan dari penghasilan kena pajak. Meskipun masih ada anggapan bahwa pembayaran zakat dan pajak adalah beban berganda yang mereka bayarkan, namun berdasarkan peraturan tersebut muzaki yang wajib pajak (WP) bisa mendapatkan pengurangan penghasilan kena pajak apabila membayarkan zakat kepada BAZNAS Kota Banjarmasin, karena BAZNAS Kota Banjarmasin merupakan salah satu Badan Amil Zakat yang ditetapkan oleh pemerintah sebagai penerima zakat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan tata cara muzaki sehingga zakat yang dibayarkan dapat menjadi faktor pengurang, dan juga menganalisis efektivitas dari Pasal 22 Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2011 Tentang Pengelolaan Zakat di kota Banjarmasin. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian hukum empiris, yaitu jenis penelitian yang berfungsi untuk melihat bagaimana hukum bekerja di dalam masyarakat. Penelitian ini menggunakan sumber data primer, dan sumber data sekunder. Teknik untuk mengumpulkan sumber data tersebut yaitu dengan cara wawancara, serta dokumentasi. Kemudian, menganalisisnya secara kualitatif, dan hasilnya disimpulkan secara khusus. Hasil dari analisis data yang penulis lakukan dengan dilandasi oleh teori efektivitas hukum adalah bahwa Pasal 22 Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2011 Tentang Pengelolaan Zakat di Kota Banjarmasin tidak berlaku efektif. Adapun faktor yang mempengaruhi efektifitas peraturan tersebut adalah faktor masyarakat dan faktor kebudayaan, sedangkan faktor yang tidak mempengaruhi efektifitas peraturan tersebut adalah faktor kaidah hukum, faktor penegak hukum, dan faktor sarana atau fasilitas. Bagaimana bisa dapat dikatakan sebuah peraturan tersebut efektif apabila masyarakatnya tidak memanfaatkan fasilitas pengurangan penghasilan kena pajak dengan melaporkan zakat yang dibayarkan melalui badan atau lembaga resmi yang dibuat dan disahkan oleh pemerintah.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
K Law > K Law (General)
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 29 Aug 2022 01:29
Last Modified: 13 Oct 2022 03:06
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/20442

Actions (login required)

View Item View Item