EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

MANAJEMEN PENDIDIKAN PADA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA ISLAM TERPADU UKHUWAH BANJARMASIN

Rubiannur, Rubiannur (2022) MANAJEMEN PENDIDIKAN PADA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA ISLAM TERPADU UKHUWAH BANJARMASIN. Tesis, Pascasarjana.

[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN.pdf

Download (120kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (159kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (312kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (310kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (111kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (738kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (12kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (72kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (192kB)

ABSTRAK

Penelitian ini dilatarbelakangi bahwa Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu (SMPIT) Ukhuwah di mata masyarakat merupakan sebuah sekolah model atau unggulan dan memiliki kemajuan yang signifikan, baik di segi prestasi akademik maupun non akademik. Oleh karena itu, perlu diketahui bagaimana manajemen pendidikan yang dilaksanakan, khususnya manajemen kurikulum, manajemen ketenagaan, manajemen kesiswaan dan manajemen hubungan masyarakat. Penelitian ini berlokasi di SMPIT Ukhuwah Banjarmasin Jalan Bumi Mas Raya Kompleks Handayani XII Banjarmasin. Subjek penelitian adalah pengurus yayasan, guru-guru, tata usaha, siswa dan pengurus komite sekolah. Data lapangan digali dengan teknik wawancara, observasi dan dokumenter. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa manajemen pendidikan pada SMPIT Ukhuwah Banjarmasin sebagai berikut: Manajemen kurikulum dilaksanakan dengan menambah kurikulum nasional dengan kurikulum muatan lokal dalam kegiatan pembelajaran secara full day, penguatan penguasaan mata pelajaran yang diujikan secara nasional, ditambah dengan kegiatan ekstrakurikuler secara optimal dengan penekanan pembinaan bidang keagamaan, akhlak dan prestasi. Manajemen ketenagaan dilaksanakan dengan merekrut para guru dan karyawan yang mampu menjalankan tugas dan pengabdiannya dengan baik, profesional, optimal dan keteladanan di segi amaliah dan akhlak, dengan ditunjang oleh kesejahteraan dan insentif yang memadai sesuai pengabdiannya. Manajemen kesiswaan dilaksanakan dengan membina siswa melalui kegiatan pembelajaran intrakurikuler dan ekstrakurikuler dengan penguatan dan pengayaan pembinaan di segi amal-ibadah, Alquran, akhlak, dan prestasi. Manajemen hubungan dengan masyarakat dilaksanakan dengan mengedepankan transparansi, akuntabilitas keuangan, bukti nyata keunggulan sekolah, pembangunan sarana dan prasarana pendidikan sesuai perkembangan zaman serta pendekatan kepada masyarakat melalui bakti sosial.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 08 Sep 2022 00:09
Last Modified: 08 Sep 2022 00:09
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/20570

Actions (login required)

View Item View Item