EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

INTERNALISASI NILAI PENDIDIKAN KARAKTER PADA PONDOK PESANTREN PUTRI DI KABUPATEN BANJAR

Suratman, Ameilia Arisma (2022) INTERNALISASI NILAI PENDIDIKAN KARAKTER PADA PONDOK PESANTREN PUTRI DI KABUPATEN BANJAR. Tesis, Pascasarjana.

[img] Text
Ameilia Arisma_Pasca pai-Pernyataan.pdf

Download (374kB)
[img] Text
Ameilia Arisma_Pasca pai-Awal.pdf

Download (858kB)
[img] Text
Ameilia Arisma_Pasca pai-Abstrak.pdf

Download (154kB)
[img] Text
Ameilia Arisma_Pasca pai-Bab 1.pdf

Download (414kB)
[img] Text
Ameilia Arisma_Pasca pai-Bab 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (864kB)
[img] Text
Ameilia Arisma_Pasca pai-Bab 3.pdf

Download (424kB)
[img] Text
Ameilia Arisma_Pasca pai-Bab 4.pdf

Download (986kB)
[img] Text
Ameilia Arisma_Pasca pai-Bab 5.pdf

Download (16kB)
[img] Text
Ameilia Arisma_Pasca pai-Daftar Pustaka.pdf

Download (382kB)
[img] Text
Ameilia Arisma_Pasca pai-Lampiran.pdf

Download (6MB)

ABSTRAK

Berbagai problematika dalam dunia pendidikan merupakan salah satu hal yang tidak dapat dipungkiri. Salah satu problematika utama dalam dunia pendidikan adalah tingginya tingkat kerusakan yang terjadi atau yang lebih dikenal dengan krisis multidimensional. Krisis multidimensional makin marak terjadi sehingga nilai-nilai karakter yang ada di Indonesia mulai dipertanyakan. Pentingnya pendidikan karakter yang merupakan salah satu upaya perwujudan amanat pancasila dan pembukaan UUD 1945 di tengah krisis multidimensional yang ada di Indonesia nampaknya menjadi salah satu alasan kuat banyak masyarakat yang memilih pondok pesantren sebagai tempat yang tepat dalam proses pendidikan. Terdapat 38 pondok pesantren yang ada di kabupaten Banjar, peneliti memilih 3 pondok pesantren putri yakni Pondok Pesantren Darul Hijrah Putri, Pondok Pesantren An-Najah Putri dan Pondok Pesantren Darussalam Putri memiliki jumlah santriwati yang cukup banyak dan memiliki sistem pendidikan yang ungguh sehingga menarik untuk diteliti. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pendidikan karakter yang diinternalisasikan dan juga untuk mengetahui internalisasi pendidikan karakter pada pondok pesantren Darul Hijrah Putri, An-Najah Putri dan Darussalam Putri yang terletak di Kabupaten Banjar. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif, berlokasi di Kab. Banjar. Subjek penelitian ini adalah para guru/pengajar atau santri di pondok pesantren Darul Hijrah Putri, An-Najah Putri dan Darussalam Putri yang terletak di Kabupaten Banjar. Objek dari penelitian ini adalah Internalisasi Pendidikan Karakter Pada Pondok Pesantren. Teknik pengumpulan data yang digunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis secara deskriptif kualitatif, dengan tahapan data yang dikumpulkan kemudian dilakukan penelaahan konsep hasil penelitian dan pembahasan dengan mengacu pada teori internalisasi pendidikan karakter sehingga diperoleh kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan internalisasi pendidikan karakter sikap religius, berakhlak yang baik, serta memiliki jiwa sosial, seperti peduli sosial dan lingkungan diitanamkan kepada para santriwati. Hal ini berutujuan untuk mengembangkan potensi agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa. Adapun pelaksanaan internalisasi pendidikan karakter melalui 3 cara melaui, proses pengajaran, keteladanan dan kegiatan pondok yang ada di pondok pesantren Darul Hijrah Putri, An-Najah Putri dan Darussalam Putri yang terletak di Kabupaten Banjar.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 15 Sep 2022 01:13
Last Modified: 15 Sep 2022 01:13
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/20600

Actions (login required)

View Item View Item