EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Iklan Sasha Pasta Gigi Siwak “Waktunya Berhijrah” dalam Perspektif Simulacra Jean Baudrillard

Iqbal, Muhammad (2022) Iklan Sasha Pasta Gigi Siwak “Waktunya Berhijrah” dalam Perspektif Simulacra Jean Baudrillard. Skripsi, Ushuluddin dan Humaniora.

[img] Text
PERNYATAAN - Muhammad Iqbal.pdf

Download (190kB)
[img] Text
AWAL - Muhammad Iqbal.pdf

Download (747kB)
[img] Text
ABSTRAK - Muhammad Iqbal.pdf

Download (114kB)
[img] Text
Muhammad Iqbal - BAB 1.pdf

Download (217kB)
[img] Text
Muhammad Iqbal - BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (242kB)
[img] Text
Muhammad Iqbal - BAB 3.pdf

Download (196kB)
[img] Text
Muhammad Iqbal - BAB 4.pdf

Download (245kB)
[img] Text
Muhammad Iqbal -BAB 5.pdf

Download (108kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA - Muhammad Iqbal.pdf

Download (116kB)
[img] Text
LAMPIRAN - Muhammad Iqbal.pdf

Download (43kB)

ABSTRAK

Penelitian ini dilatarbelakangi kemajuan teknologi komunikasi dan informasi yang begitu cepat, sehingga masyarakat telah tersihir ke dalam dunia teknologi yang menyuguhkan berbagai kemudahan, kecanggihan, dimana masyarakat tidak memandang apa yang sebenarnya dibutuhkan, tetapi lebih mengedepankan prestise dan gaya hidup sebagai citra diri dari apa yang mereka butuhkan. Televisi adalah adalah salah satu media yang sangat tepat untuk melakukan promosi untuk memasarkan suatu produk, iklan di televisi dibuat semenarik mungkin untuk menarik minat konsumsi salah satunya iklan pada produk shasa pasta gigi ini memiliki keistemewaan kandungan siwak dan tagline “waktunya hijrah” yang terdapat dalam tayangan iklan tersebut. Pokok-pokok permasalahan pada penelitian ini adalah Bagaimana Hiperealitas Simulacra yang ditampilkan dalam Iklan Sasha pasta gigi siwak dan Bagaimana ambiguitas dalam iklan shasa pasta gigi siwak. Dengan adanya penelitian ini dapat mengetahui hiperealitas Simulacra yang ditampilkan dalam iklan sasha pasta gigi siwak dan untuk mengetahui Ambiguitas dalam iklan shasa pasta gigi siwak. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif yang mana prosedur penyelesaian masalah dengan memaparkan keadaan objek penelitian berdasarkan fakta-fakta yang tampilkan sebagaimana adanya deskriptif kualitatif adalah metode yang diartikan sebagai prosedur pemecahan masalah dengan cara menyelidiki dan menggambarkan atau menjabarkan keadaan obyek penelitian, berdasarkan fakta. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Teori Simulacra Jean baudrillard yaitu dokumen atau data baik fisik maupun non-fisik di jadikan sebagai sumber data utama dalam penelitian ini, yang berupa buku, jurnal, artikel, youtube, majalah, notulen dan sebagainya. Hasil dari penelitian ditemukan bahwa Iklan sasha pasta gigi siwak ini mengandung kejanggalan dalam mengemas tayangan, sehingga lepas dari keaslian iklan yang membuat masyarakat memandang produk hanya dengan kemasan maupun tayangan, tidak lagi melihat dengan keaslian produk itu sendiri. Bentuk kepalsuannya terdapat pada adegan membaca al-Qur’an dan tagline “Waktunya Berhijrah”. Adanya iklan ini telah membuat pola konsumsi masyarakat Indonesia menjadi terjebak pada komsumsi yang salah kaprah. Ambiguitas terlihat jelas dalam iklan ini ketika sebuah iklan pasta gigi yang pada umumnya seharusnya menjual dan mempromosikan sebuah pasta gigi yang merupakan sebuah kebutuhan pokok dari setiap masyarakat berubah menjadi sebuah ajakan ajaran keagamaan untuk berhijrah karena pada iklan ini terdapat tagline yang berbunyi “waktunya berhijrah”.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 20 Oct 2022 01:26
Last Modified: 20 Oct 2022 01:26
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/20844

Actions (login required)

View Item View Item