EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Optimalisasi Peran Keluarga dalam Proses Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi pada Orang Tua Siswa di SMP Negeri 1, 2, dan 4 Kintap Kecamatan Kintap Kabupaten Tanah Laut)

Meriyanti, Meriyanti (2022) Optimalisasi Peran Keluarga dalam Proses Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi pada Orang Tua Siswa di SMP Negeri 1, 2, dan 4 Kintap Kecamatan Kintap Kabupaten Tanah Laut). Tesis, Pascasarjana.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (164kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (90kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (350kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (558kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (157kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (618kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (91kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (233kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

ABSTRAK

Pembelajaran melalui sistem daring memberikan dampak positif dan negatif siswa, dampak positif yang sering ditemui yaitu siswa lebih leluasa berkreasi dalam belajar, namun dampak negatif nya lebih banyak diantaranya telat mengumpulkan tugas, lupa mengerjakan tugas karena kurangnya pengawasan dan kontrol dari orang tua khususnya di kalangan tinggat SLTP, karena jika dilihat dari segi usia anak yang berada di tingkat jenjang SLTP ini, siswa lebih sulit untuk dibimbing dan diawasi oleh orang tuanya karena pada fase usia ini mereka lebih suka membuat dunianya sendiri, dan merasa kurang suka jika di atur dan diawasi, dan cenderung lebih suka menyendiri. Keberadaan orang tua semakin diperlukan dalam melakukan pengawasan terhadap penggunaan gadget anak, karena anak hampir sehari penuh memegang Handphone. Keluarga berperan penting sebagai bentuk pengoptimalisasian dalam proses pembelajaran secara daring. Penelitian menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan Teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangakan Teknik analisis data yang dikemukakan oleh Moleong yakni; telaah data, reduksi data, kategorisasi, dan penafsiran data membuat kesimpulan akhir. Subjek dalam penelitian ini adalah semua komponen yang terlibat dalam Optimalisasi Peran Keluarga dalam Proses Pembelajaran daring pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi pada Orang Tua Siswa di SMP Negeri 1, 2, dan 4 Kintap Kecamatan Kintap Kabupaten Tanah Laut). Sedangkan, objek dalam penelitian ini adalah peran keluarga dalam proses pembelajaran daring. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Optimalisasi Peran Keluarga dalam Proses Pembelajaran daring pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi pada Orang Tua Siswa di SMP Negeri 1, 2, dan 4 Kintap Kecamatan Kintap Kabupaten Tanah Laut) terkait pengajaran, pengawasan, dukungan, pembinaan, dan pendampingan, yang ternyata kesemuanya itu belum bisa dilakukan secara optimal dikarenakan kesibukan oleh orang tua.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
Depositing User: Dr Ahdie Anwary
Date Deposited: 24 Oct 2022 02:21
Last Modified: 24 Oct 2022 02:21
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/20903

Actions (login required)

View Item View Item