EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Kebijakan Pengawasan Harga Sembako oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kab.Tabalong (Ditinjau Menurut Konsep Ibnu Taimiyah Tentang Mekanisme Harga)

Nooriyana, Tajah (2022) Kebijakan Pengawasan Harga Sembako oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kab.Tabalong (Ditinjau Menurut Konsep Ibnu Taimiyah Tentang Mekanisme Harga). Skripsi, Ekonomi dan Bisnis Islam.

[img] Text
1. surat pernyataan.pdf

Download (221kB)
[img] Text
2. awal.pdf

Download (1MB)
[img] Text
3. Abstrak.pdf

Download (165kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (736kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (755kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (190kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (539kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (174kB)
[img] Text
9. daftar pustaka.pdf

Download (394kB)
[img] Text
10. lampiran.pdf

Download (2MB)

ABSTRAK

Penelitian ini dilatarbelakangi tentang kebijakan pengawasan harga sembako oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kab.Tabalong (ditinjau menurut konsep Ibnu Taimiyah tentang mekanisme harga). Fokus penelitian ini tentang: fenomena harga sembako di pasar Tabalong, Peran Dinas Perindustrian dan Perdagangan dalam melakukan pengawasan harga sembako di pasar Tabalong, konsep Ibnu Taimiyah terhadap pengawasan harga sembako yang dilakukan oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kab.Tabalong. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif. Objek penelitian ini adalah harga sembako di Kab.Tabalong sedangkan subjek penelitian Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kab.Tabalong. Teknik pengumpulan data terdiri dari observasi, wawancara dan dokumentasi, dilanjutkan dengan pengabsahan data dan analisis data. Hasil penelitian dan analisi menunjukan bahwa fenomena harga sembako di pasar Kab.Tabalong, fluktuatif yaitu turun-naik, manakala harga naik disebabkan beberapa faktor: sembako di pasok berasal dari jawa, sulawesi dan NTB, gagal panen, banjir, kelangkaan bahan bakar transportasi pengangkutan barang, biaya sewa lapak mahal. Konsep Ibnu Taimiyah terhadap pengawasan harga sembako yang dilakukan oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kab.Tabalong, yaitu terdapat sedikit perbedaan, menurut Ibnu Taimiyah pada kondisi terjadinya ketidaksempurnaan pasar, ia merekomendasikan penetapan harga oleh pemerintah. Sedangkan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kab.Tabalong bukan sebagai penentu harga melainkan hanya mengawasi dan mengadakan pasar murah atau pasar penyeimbang untuk menstabilkan harga pasar.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 24 Oct 2022 06:16
Last Modified: 24 Oct 2022 06:16
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/20914

Actions (login required)

View Item View Item