EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Dinamika Psikologis Hijrah: Sikap dan Tingkah Laku Mahasiswi Pengguna Hijab Syar’i di Banjarmasin

Jaya, Febiola Alexzandry (2022) Dinamika Psikologis Hijrah: Sikap dan Tingkah Laku Mahasiswi Pengguna Hijab Syar’i di Banjarmasin. Skripsi, Ushuluddin dan Humaniora.

[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN.pdf

Download (111kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (987kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (679kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (313kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (364kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (213kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (472kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (115kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (179kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

ABSTRAK

Fenomena hijrah yang berkembang dalam beberapa tahun terakhir menjadikan hijrah sebagai salah satu jalan untuk merubah diri kearah yang lebih baik. Salah satu bentuk hijrah yaitu merubah penampilan dengan menggunakan hijab syar’i. Hijab sendiri merupakan alat penutup aurat bagi wanita muslim, banyak jenis model yang dipakai kaum wanita dalam mengenakan hijab, hanya saja dalam Islam penggunaan hijab telah di atur dalam QS. Al-Ahzab ayat 59 yang didalamnya dapat kita fahami bahwa hijab harusnya menutup dada dan lebar, tidak menarik perhatian, tidak berlebihan, tidak nerawang serta tidak menyerupai laki- laki. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dinamika psikologis yang dialami oleh pelaku hijrah yang mana dinamika psikologis yang dimaksud dalam penelitian ini meliputi sikap dan tingkah laku mahasiswi sebelum hijrah menggunakan hijab syar’i, kemudian penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dinamika psikologis hijrah yang dilakukan subjek yang berupa sikap dan tingkah laku mahasiswi setelah hijrah menggunakan hijab syar’i. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif fenomenologi dan menggunakan wawancara dan observasi dalam tehnik pengambilan datanya. Terdapat 7 subjek dalam penelitian ini yang berasal dari 5 kampus yang berbeda. Dari ke 7 subjek yang diteliti didapatkan hasil bahwa terjadi perubahan sikap dan tingkah laku sebelum hijrah dengan proses hijrah yang bervariatif dari ke 7 subjek yang kemudian melahirkan perubahan dari sikap dan tingkah lakunya setelah hijrah menggunakan hijab syar’i. Subjek HSN, MT, RS, WANSEP, CML, AZZ cenderung menggunakan pakaian yang terbuka dan sering lepas pasang hijab, sedangkan subjek LA sudah memakai hijab namun belum syar’i. Subjek HSN, MT, WANSEP, CML, memutuskan hijrah karena memikirkan kehidupan setelah kematian serta pertanggung jawabannya, sedangkan subjek RS hjrah secara mendadak karena ditegur oleh temannya dan subjek LA hijrah menggunakan hijab syar’i karena sering diganggu oleh lelaki sedangkan subjek AZZ hijrah menggunakan hijab syar’i karena pengaruh lingkungan pertemanan yang baik. Setelah hijrah ke 7 subjek semuanya menggunakan pakaian syar’i dan menggunakan cadar sebagai penutup wajah kecuali subjek CML. Semua subjek tidak lagi berpacaran dan lebih selektif dalam memilih pergaulan setelah hijrah menggunakan hijab syar’i. Sehingga semua subjek mengaku mengalami ketenangan dalam hidupnya setelah hijrah menggunakan hijab syar’i dan semua subjek mencoba untuk terus istiqamah dengan apa yang ia putuskan.

Item Type: Skripsi
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Depositing User: FAHMI FAHMI FAHMI
Date Deposited: 25 Oct 2022 07:31
Last Modified: 25 Oct 2022 07:31
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/20933

Actions (login required)

View Item View Item