EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Pelaksanaan Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTsN 2 Kotawaringin Timur

Maspupah, Maspupah (2022) Pelaksanaan Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTsN 2 Kotawaringin Timur. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN.pdf

Download (400kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (7kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (402kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (464kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (333kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (313kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (9kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (133kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

ABSTRAK

Pembelajaran mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (selanjutnya disingkat SKI) masih ada yang menganggap bahwa pembelajaran sejarah ini tidak lebih dari rangkaian angka tahun dan urutan peristiwa yang harus diingat kemudian diungkap kembali pada saat menjawab soal ujian. Kenyataan itu tidak dapat dipungkiri, karena memang hal semacam itu masih terjadi sampai sekarang. Akibatnya, pelajaran sejarah kurang diminati dan dianggap sebagai pelajaran ringan. Padahal, hakikat pembelajaran sejarah (termasuk SKI) bukan semata-mata siswa harus hafal fakta dan angka tahun saja, melainkan menjadikan siswa mampu mengenal jati dirinya melalui penemuan nilai-nilai positif yang harus diteladani dan nilai-nilai negatif yang harus ditinggalkan dan tidak diulangi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTsN 2 Kotawaringin Timur dan mendeskripsikan faktor pendukung dan faktor penghambat yang dihadapi oleh guru dalam pelaksanaan pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTsN 2 Kotawaringin Timur. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif berupa subjek dan objek. Data penelitian diperoleh melalui teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Pengabsahan data menggunakan triangulasi dianalisis melalui data collection, data reduction, drawing and verifying conclusion. Berdasarkan hasil data yang diperoleh bahwa: 1) Perencanaan pembelajaran sejarah kebudayaan Islam 2) Pelaksanaan pembelajaran sejarah kebudayaan Islam 3) evaluasi pembelajaran Sejarah kebudayaan Islam 4) Faktor-faktor pendukung dan penghambat yang mempengaruhi pelaksanaan pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Kotawaringin Timur. a). Faktor Guru b). Faktor minat c). faktor Lingkungan d). faktor sarana dan prasarana e). faktor ketersediaan waktu.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Depositing User: FAHMI FAHMI FAHMI
Date Deposited: 31 Oct 2022 00:52
Last Modified: 31 Oct 2022 00:52
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/20989

Actions (login required)

View Item View Item