EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Peran Guru dalam Membina Akhlak Siswa di MTs Negeri 09 Tabalong

Ramadhana, Muhammad Reza (2022) Peran Guru dalam Membina Akhlak Siswa di MTs Negeri 09 Tabalong. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN.pdf

Download (431kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (79kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (267kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (308kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (165kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (322kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (80kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (214kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

ABSTRAK

Peran guru Pendidikan agama Islam sangatlah besar pengaruhnya dalam pembinaan akhlak siswa. Peran guru pendidikan agama Islam dalam pembinaan akhlak siswa meliputi beberapa metode diantaranya metode suri tauladan, metode kisah/cerita, metode penugasan. Melihat bagaimana pentingnya peran guru terutama guru pendidikan agama Islam dalam pembinaan akhlak siswa, oleh karena itu peneliti tertarik untuk meneliti bagaimana peran guru Pendidikan agama islam dalam membina akhlak siswa di MTs negeri 09 tabalong serta faktor pendukung dan penghambat dalam pembinaan akhlak pada siswa. Terkait dalam permasalahan di atas maka, tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui peran guru Pendidikan agama Islam dalam membina akhlak siswa di MTs negeri 09 tabalong serta untuk mengetahui faktor dan penghambat peran guru Pendidikan agama Islam dalam membina akhlak siswa di MTs negeri 09 tabalong. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif analisis kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru Pendidikan agama Islam. objek penelitian yaitu peran guru Pendidikan agama Islam dalam membina akhlak siswa di Mts negeri 09 Tabalong. teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. adapun Teknik pengolahan data yang digunakan adalah editing, klasifikasi, dan interpretasi. Sedangkan analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian ini peneliti menyimpulkan bahwa peran guru Pendidikan agama Islam dalam membina akhlak siswa di Mts negeri 09 tabalong meliputi guru sebagai pengajar, pembimbing dan motivator, fasilitator, tenaga administrasi. Faktor pendukung peran guru pendidikan agama Islam dalam membina akhlak siswa adalah keteladanan guru dan pemanfaatan teknologi. Sedangkan faktor penghambat peran guru Pendidikan agama Islam dalam membina akhlak siswa adalah faktor dari individu itu sendiri dan faktor lingkungan sosial.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Depositing User: S.H SITI KURNIA YUSNI TAUFIK (ALM)
Date Deposited: 08 Nov 2022 02:17
Last Modified: 08 Nov 2022 02:17
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/21041

Actions (login required)

View Item View Item