EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Jenis Cinta pada Suami atau Istri Menurut Sternberg’s Triangular Theory Of Love (Studi Deskriptif Pada Mahasiswa Prodi Psikologi Islam Fakultas Ushuluddin dan Humaniora Universitas Islam Negeri Antasari Banjarmasin)

Anwari, Muhammad Hafiz (2022) Jenis Cinta pada Suami atau Istri Menurut Sternberg’s Triangular Theory Of Love (Studi Deskriptif Pada Mahasiswa Prodi Psikologi Islam Fakultas Ushuluddin dan Humaniora Universitas Islam Negeri Antasari Banjarmasin). Skripsi, Ushuluddin dan Humaniora.

[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN.pdf

Download (470kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (153kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (184kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (73kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (184kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (64kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (64kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (10MB)

ABSTRAK

Membangun hubungan terutama hubungan cinta yang diwujudkan dalam membina pernikahan merupakan tugas penting individu pada fase dewasa awal. Dalam proses memenuhui tugas perkembangan dewasa awal tersebut banyak tantangan yang dilalui oleh individu. Sebagian orang memilih untuk membina hubungan pernikahan setelah masa studi, namun sebagian yang lain untuk menjalankan dua peran sekaligus, yakni sebagai mahasiswa pada lembaga tinggi dan sebagai pasangan dalam pernikahan. Dalam kondisi ideal, seseorang yang membina hubungan pernikahan dilandasi oleh perasaan cinta. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui jenis cinta pada pasangan suami atau istri menurut Sternberg’s Triangular Theory Of Love pada mahasiswa aktif di Fakultas Ushuluddin dan Humaniora Universitas Islam Negeri Antasari Banjarmasin. Teori cinta yang dipakai dalam penelitian ini adalah Sternberg’s Triangular Theory Of Love tentang 3 komponen cinta yakni intimacy (keintiman), passion (gairah), dan commitment (komitmen). Kemudian dari ketiga komponen tersebut, Stenberg mengidentifikasikan 8 jenis cinta, didasarkan pada ada atau tidaknya masing-masing komponen. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan datanya melalui metode wawancara dan observasi. Wawancara dilakukan kepada sumber data primer yaitu salah satu pasangan suami atau istri yang berstatus mahasiswa aktif di Fakultas Ushuluddin dan Humaniora Universitas Islam Negeri Antasari Banjarmasin. Hasil penelitian menunjukan bahwa dari ketiga subjek A, C, dan E yang di wawancara dan di analisis hasil datanya menunjukan bahwa ketiganya memiliki tiga komponen cinta yang sama yakni intimacy, passion, dan commitment. Oleh karena itu, ketiganya juga dapat dikategorikan memiliki jenis cinta yang sama pula yaitu consummate love (cinta sempurna) karena memenuhi semua komponen cinta menurut Sternberg’s Triangular Theory Of Love.

Item Type: Skripsi
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Depositing User: FAHMI FAHMI FAHMI
Date Deposited: 22 Nov 2022 02:08
Last Modified: 22 Nov 2022 02:08
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/21085

Actions (login required)

View Item View Item