EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Manajemen Diri Perempuan yang Menikah Usia Dini di Amuntai Tengah

Nisa, Khairun (2022) Manajemen Diri Perempuan yang Menikah Usia Dini di Amuntai Tengah. Skripsi, Ushuluddin dan Humaniora.

[img] Text
Khairun Nisa - Surat Pernyataam Keaslian Tulisan.pdf

Download (223kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (148kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (560kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (662kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (398kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (717kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (151kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (392kB)
[img] Text
Lampiran.pdf

Download (6MB)

ABSTRAK

Pernikahan dini sangat marak terjadi di Indonesia, angka pernikahan dini di Indonesia mencapai 23%, salah satu kabupaten dengan angka pernikahan diri yang besar adalah Hulu Sungai Utara. Perempuan akan banyak mengalami konsekuensi psikososial dan emosional menikah dini karena harus di rumah dan menjalankan tugasnya sebagai ibu rumah tangga. Hal ini memunculkan masalah manajemen diri perempuan yang menikah dini. Remaja yang sudah menikah kebanyakan tidak mampu menghidupi diri sendiri dan masih bergantung pada orang tua dan kurang persiapan fisik dan psikis. Tujuan penelitian ini yaitu (1) mengetahui manajemen diri pada perempuan yang menikah usia dini dan (2) faktor apa saja yang mendukung maupun menghambat manajemen diri pada perempuan yang menikah usia dini di Amuntai Tengah. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. subjek dalam penelitian ini adalah tiga orang perempuan yang menikah usia dini di Amuntai Tengah yaitu DA, M, dan H. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan wawancara. Analisis data dilakukan setelah data direduksi dan ditarik kesimpulan. Hasil Penelitian terlihat subjek pertama, DA memiliki kemampuan dan cara untuk mengelola waktunya agar efektif dan efisien. Subjek dekat dengan orangtua dan tetangga, subjek merasa merekalah yang dapat dimintai pertolongan. DA merasakan perubahan karena harus mampu bertanggung jawab dan mandiri karena pernikahan dini. Subjek kedua, H memiliki kemampuan dan cara untuk mengelola waktunya agar efektif dan efisien. H menyatakan dekat orangtua dan tetangga, subjek mengatakan banyak dibantu oleh mereka. H merasa tidak ada hal yang berbeda dari keadaannya walaupun sudah menikah dini. Terakhir subjek ketiga, M mengalami kesulitan, dirinya kesulitan mengatur jadwal rumah tangganya dan masih banyak dibantu oleh suami dalam pengaturan waktu. M jarang berkomunikasi dengan teman dan tetangga. M merasakan perubahan karena harus mampu bertanggung jawab dan mandiri karena pernikahan dini. Adapun faktor yang menghambat ketiga subjek dalam memanajemen dirinya yaitu kesehatan. Manajemen diri ketiga subjek dominan dipengaruhi kesehatan identitas diri.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 06 Dec 2022 07:03
Last Modified: 06 Dec 2022 07:03
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/21087

Actions (login required)

View Item View Item