EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Perjalanan Menuju Ridha pada Ibu Yang Memiliki Anak dengan Rabdomiosarkoma (Studi Kasus pada Ibu Anak-Anak Penderita Kanker di Rumah Sakit Umum Daerah Ulin Banjarmasin)

Rismawati, Rismawati (2022) Perjalanan Menuju Ridha pada Ibu Yang Memiliki Anak dengan Rabdomiosarkoma (Studi Kasus pada Ibu Anak-Anak Penderita Kanker di Rumah Sakit Umum Daerah Ulin Banjarmasin). Skripsi, Ushuluddin dan Humaniora.

[img] Text
Keaslian tulisan skripsi.pdf

Download (115kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (595kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (145kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (560kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (957kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (334kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (165kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (382kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

ABSTRAK

Peran ibu dalam keluarga tidak kalah penting dari peran seorang ayah. Ibu memiliki tanggungjawab yang besar dalam mengurus anak. Sehingga ibu pula yang berperan sangat banyak dalam menemani anak dalam proses pengobatan kemoterapi anak di rumah sakit. Waktu yang lebih banyak dihabiskan hanya untuk menemani anak di rumah sakit. Memberikan dukungan juga mengusahakan pengobatan yang terbaik untuk anak dengan harapan agar anak dapat sembuh dan bisa menjalani kehidupan seperti orang-orang pada umumnya. Keunikan penelitian ini juga ada pada anak subjek yang terlihat sehat secara fisik. Tetapi dalam penelitian ini lebih menitik beratkan pada proses penerimaan menurut kajian Psikologi pada subjek. Serupa dengan hal tersebut, dalam kajian Psikologi Islam menjadi ridha, yang dimana penelitian ini bertujuan untuk menggali bagaimana perjalanan menuju ridha seorang ibu yang memiliki anak dengan rabdomiosarkoma beserta faktor-faktor yang mempengaruhi ridha tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus yang menggunakan subjek tunggal yaitu seorang ibu yang memiliki anak dengan rabdomiosarkoma dan beragama Islam, yang saat ini tengah menjalani pengobatan kemoterapi di RSUD Ulin Banjarmasin, dengan tipe rabdomiosarkoma botrioid. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perjalanan menuju ridha seorang ibu yang memiliki anak dengan rabdomiosarkoma penuh dengan lika-liku kehidupan, mengalami proses penerimaan dari penolakan/penyangkalan hingga akhirnya menerima, bagaimana subjek mampu melewati setiap ujian yang diberikan kepadanya, menerima segala ketentuan Allah, perilaku beribadah menjadi lebih rajin dari sebelumnya, hingga menumbuhkan perasaan syukur, sabar, tawakal, ikhlas, yakin dan perasaan baik lainnya. Ridha tersebut dipengaruhi oleh dua faktor yaitu faktor internal, yang berhubungan dengan diri subjek, baik yang merupakan karunia Allah maupun dari hasil usaha; dan faktor eksternal, dari luar/lingkungan sekitar subjek seperti, suami, anak, keluarga, maupun dari fasilitas kesehatan yang tersedia, tenaga kesehatan/tenaga medis, juga pemerintah seperti BPJS.

Item Type: Skripsi
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 02 Jan 2023 07:37
Last Modified: 02 Jan 2023 07:37
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/21447

Actions (login required)

View Item View Item