EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Pengaruh Pemahaman Tentang Kafa’ah Terhadap Keharmonisan Rumah Tangga (Studi Persepsi Generasi Milenial di Kota Banjarmasin)

Prayuda, Gusti Rifki (2023) Pengaruh Pemahaman Tentang Kafa’ah Terhadap Keharmonisan Rumah Tangga (Studi Persepsi Generasi Milenial di Kota Banjarmasin). Skripsi, Syariah.

[img] Text
Pernyataan_compressed.pdf

Download (58kB)
[img] Text
Awal_compressed.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Abstrak_compressed.pdf

Download (40kB)
[img] Text
BAB 1_compressed.pdf

Download (172kB)
[img] Text
BAB 2_compressed.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (198kB)
[img] Text
BAB 3_compressed.pdf

Download (62kB)
[img] Text
BAB 4_compressed.pdf

Download (208kB)
[img] Text
BAB 5_compressed.pdf

Download (35kB)
[img] Text
Daftar Pustaka_compressed.pdf

Download (67kB)
[img] Text
Lampiran-lampiran_compressed.pdf

Download (1MB)

ABSTRAK

Latar belakang masalah skripsi ini yaitu pada masa sekarang ini generasi milenial era yang sangat signifikan, dimana banyak mekanisme pranikah yang ada dalam hukum syariat Islam yang sudah terbentuk di dalam ilmu fiqih. Relevankah masih untuk saat dimana terbentuknya era digital dalam generasi milenial ini. Berdasarkan hasil observasi awal penulis terhadap 3 orang Generasi milenial di kota Banjarmasin yang menikah yang lahir pada tahun 2000, bahwa mereka memiliki pandangan konsep yang berbeda. Menurut JR dan IH bahwa kafa’ah itu merupakan kesetaraan dalam artian saling melengkapi dan dampak kafa’ah dalam pernikahan mereka menuai keharmonisan dalam rumah tangga mereka, selanjutnya menurut SR dan NM yang bahwa kafa’ah itu merupakan keselarasan dalam ruang lingkup profesi yang sama dan dampak kafa’ah dalam pernikahan mereka kurang harmonis dikarenakan sibuk dengan pekerjaan masing�masing, kemudian menurut MI dan AZH bahwa kafa’ah itu merupakan tidak memandang umur, sepadan dalam hal pekerjaan, harta, kemapanan, keturunan, dan seiman dan dampak kafa’ah untuk pernikahan menciptakan keharmonisan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemahaman tentang kafa’ah persepsi generasi milenial di Kota Banjarmasin dan untuk mengetahui pengaruh pemahaman tentang kafa’ah terhadap keharmonisan rumah tangga generasi milenial di Kota Banjarmasin. Penelitian ini adalah penelitian hukum empiris dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara terstruktur. Setelah data terkumpul kemudian diklasifikasikan dan dideskripsikan sehingga dapat diperoleh kesimpulan hukumnya, analisis dilakukan secara deskriptif. Hasil penelitian penulis yaitu dalam pemahaman generasi milenial di Kota Banjarmasin terhadap konsep kafa’ah sudah cukup memahami, namun pemahaman mereka terhadap kafa’ah yang sesuai fikih belum dipahami sepenuhnya. Meskipun pelaksanaannya belum maksimal, namun pada praktiknya mereka telah melakukannya. Pernikahan yang dilakukan oleh generasi milenial di Kota Banjarmasin adalah tergolong kepada keluarga yang harmonis. Keharmonisan itu berasal dari adanya kesamaan di antara kedua pasangan tersebut seperti kesamaan latar belakang, ekonomi, dan kesamaan pada agamanya. Namun hal yang menjadi pondasi awal penentu keharmonisan rumah tangga mengarah kepada hal agama.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman
K Law > K Law (General)
Depositing User: Sri Yuniarti Fitria
Date Deposited: 11 Jan 2023 08:00
Last Modified: 11 Jan 2023 08:00
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/21567

Actions (login required)

View Item View Item