EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Pengaruh Pemakaian Gadget Terhadap Perilaku Sosial Remaja di Desa Kuin-kecil Kecamatan Aluh-aluh Kabupaten Banjar

Maulina, Maulina (2023) Pengaruh Pemakaian Gadget Terhadap Perilaku Sosial Remaja di Desa Kuin-kecil Kecamatan Aluh-aluh Kabupaten Banjar. Skripsi, Dakwah dan Komunikasi.

[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN.pdf

Download (359kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (186kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (341kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (544kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (328kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (595kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (186kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (414kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

ABSTRAK

Kuin-kecil merupakan desa yang masih memegang erat tradisi dan budaya, namun masih minim akan pendidikan, banyak anak yang putus sekolah, terutama saat masa pandemi beberapa waktu yang lalu, pendidikan yang minim namun lumayan tinggi akan pemakaian gadget terutama smartphone, menjadikan remaja desa menjadi tidak terlalu mementingkan pendidikan, dan mengakibatkan banyak perilaku remaja yang menyimpang juga terjadinya pernikahan dini. Di Indonesia sendiri ada 27% anak-anak berusia dua tahun telah mengenal perangkat, dan 54% wali mengizinkan anak-anak mereka untuk menggunakan alat pada usia 3 tahun hingga 5 tahun. Hal demikian merupakan salah satu dampak buruk dari sekian banyaknya manfaat gadget yang dimiliki. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemakaian gadget terhadap perilaku sosial remaja di desa Kuin-kecil. Metode penelitian yang dipakai adalah metode kuantitatif. Untuk teknik pengambilan sampel, populasi yang digunakanIV adalah remaja desa Kuin-kecil yang bersekolah di SMA Mawar Putih khususnya yang tinggal di desa Kuin-kecil dari Rt 01 - 05. Memakai metode cluster sampling (area sampling) ditentukan sampel sebanyak 30 remaja. Teknik pengumpulan data yang digunakan penulis adalah menggunakan metode angket dan wawancara (kuesioner). Sedangkan teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah uji Regresi Linier Sederhana. berdasarkan hasil penelitian diperoleh thitung variabel gadget smartphone, sebesar 2.859. Di mana nilai thitung < ttabel yakni 2.859 > 2.048 Selain itu, variabel gadget smartphone memiliki tingkat signifikansi/probabilitas 0,08 > 0,05 yang berarti tidak signifikan. Jadi diperoleh nilai thitung < ttabel yakni 2.859 > 2.048 maka Ha diterima dan Ho ditolak, dapat ditarik kesimpulan jika memang terdapat pengaruh yang signifikan antara gadget smartphone dengan perilaku remaja di desa Kuin-kecil. Yakni sebesar 22.6% dan sebanyak 77.4% dipengaruhi oleh faktor lain.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Depositing User: S.H SITI KURNIA YUSNI TAUFIK (ALM)
Date Deposited: 26 Jan 2023 03:56
Last Modified: 26 Jan 2023 03:56
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/21914

Actions (login required)

View Item View Item