EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Perilaku Konsumtif Mahasiswa yang Memiliki Usaha dan Tidak Memiliki Usaha (Studi Kasus Mahasiswa Jurusan Ekonomi Syariah Angkatan 2017 UIN Antasari Banjarmasin)

Indahsari, Fifi Nur (2023) Perilaku Konsumtif Mahasiswa yang Memiliki Usaha dan Tidak Memiliki Usaha (Studi Kasus Mahasiswa Jurusan Ekonomi Syariah Angkatan 2017 UIN Antasari Banjarmasin). Skripsi, Ekonomi dan Bisnis Islam.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (257kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (201kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (486kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (697kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (447kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (492kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (201kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (344kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

ABSTRAK

Perilaku konsumtif merupakan mengkonsumsi barang yang sebenarnya kurang dan tidak diperlukan, didorong untuk memenuhi hasrat atau kesenangan semata tanpa memperhatikan manfaat dan kegunaanya. Konsumtif sendiri biasanya mengarah pada perilaku konsumen yang membelanjakan sesuatu lebih besar dari pendapatan nya. Serta faktor yang mempengaruhi mahasiswa dapat berperilaku konsumtif. Seperti yang terjadi pada mahasiswa jurusan ekonomi syariah angkatan 2017 yang memiliki kecenderungan mengkonsumsi tanpa memperhatikan kebutuhan dan hanya sebatas keinginan saja. Tidak semua mahasiswa jurusan ekonomi syariah angkatan 2017 berperilaku demikian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana perbandingan perilaku konsumtif mahasiswa yang memiliki usaha dan tidak memiliki usaha serta faktor apa saja yang mempengaruhi mahasiswa berperilaku demikian. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research). Penelitian menggunakan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Wawancara dilakukan dengan 17 subjek penelitian data yang valid, 8 subjek penelitian yang memiliki usaha dan 9 subjek penelitian yang tidak memiliki usaha yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data kualitatif, serta metode deduktif, yaitu penarikan kesimpulan dari hal yang umum ke hal khusus. Mahasiswa yang memiliki usaha cenderung lebih sedikit dalam hal melakukan konsumsi, karena mereka yang telah mengerti bagaimana cara mendapatkan uang akan lebih menghargai proses tersebut. Sedangkan mahasiswa yang tidak memiliki usaha dalam hal tingkat konsumsinya berdasarkan pada keinginan, karena mendapatkan uang saku banyak dari orang tua, merasa terjamin hidup nya maka tingkat konsumsi bertambah. Serta faktor yang mempengaruhi dari keluarga, gaya hidup, kelompok sosial dll.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Depositing User: Sri Yuniarti Fitria
Date Deposited: 01 Feb 2023 07:45
Last Modified: 01 Feb 2023 07:45
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/21999

Actions (login required)

View Item View Item