EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Pengembangan Model Pembelajaran Mata Kuliah Agama Islam Berbasis Moderasi Beragama pada PTU di Kota Banjarmasin

Muhdi, Muhdi (2022) Pengembangan Model Pembelajaran Mata Kuliah Agama Islam Berbasis Moderasi Beragama pada PTU di Kota Banjarmasin. Disertasi, Pascasarjana.

[img] Text
Keaslian Tulisan.pdf

Download (170kB)
[img] Text
Halaman Awal.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRACT.pdf

Download (185kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (632kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (447kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (192kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (449kB)
[img] Text
Lampiran (Produk Model).pdf

Download (2MB)

ABSTRAK

SK Dirjen. Dikti no. 84/E/KPT/2020 menetapkan bahwa fungsi Mata Kuliah Agama Islam di PTU adalah untuk membentuk mahasiswa menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa, berakhlak mulia, dan menghargai perbedaan. Diktum “menghargai perbedaan” pada lampiran SK tersebut kemudian diturunkan ke dalam salah satu substansi kajian, yakni membangun persatuan dalam keberagamaan yang dinamis dan kompleks dalam konteks kehidupan sosial budaya Indonesia yang plural. Substansi kajian ini dipandang sangat urgen untuk membentuk pola pikir dan sikap mahasiswa yang moderat sekaligus untuk menghadapi perkembangan paham radikal yang dalam beberapa penelitian ditengarai sangat rentan berkembang di kalangan mahasiswa PTU. Sayangnya, implementasi substansi kajian tersebut dalam pembelajaran Mata Kuliah Agama Islam selama ini sangat bersifat tematik dan segmentatif sehingga kurang mampu mengaktualisasikan fungsi mata kuliah pada tataran yang ideal. Perpijak pada model rancangan pembelajaran terintegrasi versi Robin Fogarty (1991), penelitian ini bertujuan memproduk model pembelajaran Mata Kuliah Agama Islam dengan mengintegrasikan konsep moderasi beragama yang bersumber dari empat indikatornya, yaitu : komitmen kebangsaan, toleransi, anti kekerasan, dan akomodatif terhadap budaya lokal pada setiap tema pembelajaran. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian pengembangan (R&D) dengan objek penelitiannya berupa model pembelajaran mata kuliah agama Islam berbasis moderasi beragama, sedangkan subjeknya adalah dosen Mata Kuliah Agama Islam, mahasiswa dan para ahli. Dosen dan mahasiswa yang dimaksud berada di empat PTU Kota Banjarmasin, yaitu: ULM, POLIBAN, STKIP dan STIENAS. Sedangkan para ahli meliputi Ahli Moderasi Beragama, Ahli Kurikulum, dan Ahli Pendidikan Agama Islam di PTU. Hasil penelitian ini berupa sebuah model pembelajaran mata kuliah agama Islam yang baru, yaitu model pembelajaran mata kuliah agama Islam berbasis moderasi beragama pada PTU, meliputi: Model rencana pembelajaran satu semester, Model rencana pelaksanaan pembelajaran, dan Model evaluasi pembelajaran. Model ini siap digunakan karena disamping telah melalui uji ahli dan uji lapangan (uji kelayakan, uji terbatas, uji luas dan uji efektivitas), juga telah vii mendapat rekomendasi dari stakeholder beberapa PTU dan pimpinan ADPISI (Asosiasi Dosen PAI Indonesia) DPW Kalsel dalam forum FGD. Dengan penggunaan model ini potensial membentuk mahasiswa menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa, berakhlak mulia, dan menghargai perbedaan.

Item Type: Disertasi
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Sri Yuniarti Fitria
Date Deposited: 03 Feb 2023 05:40
Last Modified: 16 Feb 2023 03:25
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/22028

Actions (login required)

View Item View Item