EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Resepsi Ayat-Ayat Al-Qur’an dalam pembacaan Hizib al-Daur al-A’lȃ di Pondok Pesantren al-Falȃẖ Putri Banjarbaru

Rahmah, Mutia (2023) Resepsi Ayat-Ayat Al-Qur’an dalam pembacaan Hizib al-Daur al-A’lȃ di Pondok Pesantren al-Falȃẖ Putri Banjarbaru. Skripsi, Ushuluddin dan Humaniora.

[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN.pdf

Download (553kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (2MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (435kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (635kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (514kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (595kB)
[img] Text
BAB V .pdf

Download (409kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (416kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

ABSTRAK

Penelitian ini membahas tentang praktik pembacaan ẖizib al-Daur al-A’lȃ di Pondok Pesantren al-Falȃẖ Putri Banjarbaru. Hizib merupakan sekumpulan doa, ayat-ayat Al-Qur’an dan lain sebagainya dibaca biasanya melalui ijazah dari guru atau mursyidnya. Dalam penelitian ini, pembacaan ẖizib al-Daur al-A’lȃ khususnya di asrama tahfiz Al-Qur’an, yang kemudian menghasilkan berbagai respon bervariasi di antara para santriwati. Terlebih di dalam ẖizib al-Daur al-A’lȃ yang terkandung di dalamnya ayat-ayat Al-Qur’an yang menarik untuk dikaji lebih dalam mengenai resepsi Al-Qur’an, kajian ini masuk dalam ranah Living Qur’an, dengan menggunakan teori resepsi Jauss dan Iser. Penelitian ini diulas dalam bentuk deskriptif, yang dibahas dapat fokus dengan objek penelitian. Peneliti mengangkat rumusan masalah dalam penulisan penelitian ini yakni a) Bagaimana praktik pembacaan ẖizib al-Daur al-A’lȃ di Pondok Pesantren al-Falȃẖ Putri Banjarbaru? B) Bagaimana resepsi ayat-ayat AlQur’an dalam pembacaan ẖizib al-Daur al-A’lȃ di Pondok Pesantren al-Falȃẖ Putri Banjarbaru? c) Apa motivasi dan pengaruh ayat-ayat Al-Qur’an dalam pembacaan ẖizib al-Daur al-A’lȃ di Pondok Pesantren al-Falȃẖ Putri Banjarbaru? Penelitian ini termasuk dalam penelitian lapangan (field research). Penelitian ini menggunakan teori resepsi fungsional yang masuk pada kajian Living Qur’an. Metode yang digunakan dengan tujuan untuk mengungkap praktik pembacaan ẖizib al-Daur al-A’lȃ di Pondok Pesantren al-Falȃẖ Putri Banjarbaru. Data di lapangan diperoleh dengan beberapa teknik yang telah digunakan oleh peneliti, yaitu observasi, wawancara, dokumentasi. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif kualitatif, yaitu analisis yang dilakukan dengan cara mendeskripsikan suatu situasi tertentu yang bersifat formal secara sistematis dan akurat. Hasil dari penelitian mengenai pembacaan ẖizib al-Daur al-A’lȃ di Pondok Pesantren al-Falȃẖ yang dibaca oleh santriwati asrama tahfiz dilaksanakan bersamasama sebelum setoran, boleh juga pagi, sore dan individu sebelum tidur jika hajat yang ingin dicapai. Resepsi atau penerimaan mereka terhadap pembacaan ini yaitu termasuk pada resepsi fungsional sebagaimana Al-Qur’an diterima sebagai praktis dan dengan tujuan tertentu. Seperti halnya sebagai ketenangan jiwa, menampakkan kewibawaan, penawar dari penyakit, wasilah agar dimudahkan urusan dan dalam menghafal Qur’an, mendapatkan rezeki. Motivasi dalam pembacaan ẖizib al-Daur al-A’lȃ yang utama atas dasar diri pribadi dan anjuran ustadzah khususnya di asrama tahfiz Al-Qur’an, serta karena telah mendapat ijazah mengamalkan pengaruh yang dirasakan bervariasi sebagaimana tujuan pada saat membacanya.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Depositing User: S.H SITI KURNIA YUSNI TAUFIK (ALM)
Date Deposited: 06 Feb 2023 06:20
Last Modified: 06 Feb 2023 06:20
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/22048

Actions (login required)

View Item View Item