EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Reinforcement dan Problematikanya dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (Studi Multisitus pada SD di Kabupaten Tapin)

Akbar, Ferry Fadillah (2023) Reinforcement dan Problematikanya dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (Studi Multisitus pada SD di Kabupaten Tapin). Tesis, Pascasarjana.

[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN Ferry.pdf

Download (345kB)
[img] Text
AWAL Ferry.pdf

Download (812kB)
[img] Text
ABSTRAK FERRY.pdf

Download (17kB)
[img] Text
BAB I Ferry.pdf

Download (298kB)
[img] Text
BAB II Ferry.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (265kB)
[img] Text
BAB III Ferry.pdf

Download (109kB)
[img] Text
BAB IV Ferry.pdf

Download (477kB)
[img] Text
BAB V Ferry.pdf

Download (72kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA Ferry.pdf

Download (148kB)
[img] Text
LAMPIRAN Ferry.pdf

Download (2MB)

ABSTRAK

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan guru berperan sangat penting agar siswa ikut berinteraksi dan aktif dalam pembelajaran, khususnya pembelajaran PAI. Salah satunya dengan melaksanakan penerapan keterampilan memberi penguatan (reinforcement). Akan tetapi yang terjadi adalah sebaliknya, siswa tidak semudah itu diberikan bimbingan. Selama ini guru juga kurang memperhatikan keterampilan reinforcement, lebih sering membentak atau mengeluarkan suara keras yang dapat membuat siswa takut, sehingga pembelajaran kurang menunjang dan siswa malas mengikuti pembelajaran. Oleh sebab itu, kesadaran guru dalam menerapkan keterampilan memberi penguatan sangat penting untuk diperhatikan di dalam kelas, untuk membantu siswa dan pembelajan lebih optimal lagi. Berdasarkan latar belakang di atas, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan reinforcement, problematikanya dan respon siswa dalam pembelajaran pendidikan agama Islam di beberapa sekolah. Penelitian ini menggunakan penelitian lapangan (field research), dengan pendekatan kualitatif dan metode deskriptif serta rancangan penelitian berupa studi multisitus. Subjek pada penelitian ini adalah guru PAI berjumlah 4 orang dan siswa diambil dari sekolah dasar, tiga dari kelas 5 dan satu dari kelas 6 sebanyak 8 orang tiap sekolah. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi, sedangkan dalam analisis data digunakan data situs tunggal dan data lintas situs. Berdasarkan hasil penelitian ini diketahui bahwa pelaksanaan reinforcement dalam pembelajaran pendidikan agama Islam di beberapa sekolah dilaksanakan berdasarkan beberapa bentuk, yaitu 1) Penguatan verbal, 2) Penguatan gerakkan badan, 3) Penguatan mendekati, 4) Penguatan sentuhan, 5) Penguatan kegiatan dan 6) Penguatan simbol/benda. Kemudian Problematika reinforcement dalam pembelajaran pendidikan agama Islam di beberapa sekolah terjadi berdasarkan beberapa faktor berikut, yaitu problematika yang berasal dari 1) Guru, 2) Siswa, 3) Kurikulum Sekolah dan 4) Sarana dan prasarana. Kemudian respon siswa terhadap reinforcement guru dalam pembelajaran pendidikan agama Islam di beberapa sekolah berdasarkan tanggapan siswa, yaitu 1) Meningkatkan perhatian siswa, 2) Membangkitkan dan memelihara motivasi siswa, 3) Memudahkan siswa belajar, 4) Memunculkan rasa percaya diri pada siswa dan 5) Menjaga kelas yang kondusif.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 15 Feb 2023 02:25
Last Modified: 15 Feb 2023 02:25
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/22201

Actions (login required)

View Item View Item