EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Implementasi Sistem Manajemen Mutu ISO 9001: 2015 di SMKN 4 Banjarmasin dan SMKN 5 Banjarmasin

Aminah, Siti (2022) Implementasi Sistem Manajemen Mutu ISO 9001: 2015 di SMKN 4 Banjarmasin dan SMKN 5 Banjarmasin. Tesis, Pascasarjana.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (119kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (777kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (44kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (277kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (279kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (133kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (441kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (15kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (183kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

ABSTRAK

Untuk tetap bertahan dan siap menghadapi besarnya pengaruh arus globalisasi, maka mengharuskan lembaga-lembaga pendidikan kejuruan yang alumninya adalah siap kerja agar menyelenggarakan pendidikan yang berkualitas dan tersertifikasi baik secara nasional maupun internasional. Dengan diterapkannya sistem manajemen mutu ISO di sekolah dapat mendorong tanggung jawab dan menciptakan sinergi dengan adanya akreditasi sekolah serta dapat membuat image sekolah menjadi lebih baik. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi sistem manajemen mutu ISO 9001:2015 di SMKN 4 Banjarmasin dan SMKN 5 Banjarmasin. Penelitían ini menggunakan pendekatan deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi untuk menggali data tentang implementasi sistem manajemen mutu ISO 9001:2015 baik itu dari kepala sekolah, pendidik dan tenaga kependidikan, maupun dokumen sekolah. Adapun analisis data yang peneliti gunakan dengan model Miles dan Huberman yakni reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitían ini menunjukkan bahwa dalam penerapan sistem manajemen mutu ISO 9001:2015 persiapan implementasi sistem manajemen mutu ISO 9001:2015 di SMKN 4 Banjarmasin langkah-langkah yang harus dipersiapkan untuk sertifikat ISO 9001 yaitu: 1) membentuk komitmen seluruh warga sekolah dan tim inti, 2) membangun SMM berupa pelatihan kesadaran mutu, 3) menyusun dokumen SMM yang dipersyaratkan, 4) melakukan sosialisasi. Adapun tahapan implementasinya adalah 1) perencanaan (plan), 2) pelaksanaan (do), 3) pemeriksaan (check), dan tindakan (act). Adapun dampak dari penerapan adalah dengan adanya SMM ISO 9001:2015 ini sangat membantu adminitrasi untuk persiapan akreditasi sekolah. Dengan didapatkannya sertifikat berskala internasional dapat meningkatkan citra sekolah. Selain itu dengan adanya SMM ISO 9001:2015 kegiatan/program sekolah terkendali dan kedisiplinan warga sekolah meningkat. Sedangkan SMKN 5 Banjarmasin dalam penerapan sistem manajemen mutu ISO 9001:2015 persiapannya yaitu: 1) adanya komitmen manajemen puncak, 2) membuat tim khusus untuk persiapan ada koordinatornya, 3) membuat perencanaan : risiko dan peluang serta sasaran dan rencana pencapaiannya, 4) memulai program kesadaran dan pelatihan ISO, 5) sosialisasi. Adapun tahapan implementasinya adalah 1) mengikuti pelatihan dengan bimbingan konsultan, 2) penyiapan dokumen mutu dan pelaksanaan sistem manajemen mutu sesuai dokumen yang telah dibuat oleh pihak sekolah, 3) audit internal yang dikoordinir oleh Wakil Manejemen Mutu, 4) audit eksternal yang dilakukan oleh PT. URS Service Indonesia, dan 5) pemberian sertifikat ISO 9001:2015/ Sertifikasi lembaga. Adapun dampak dari penerapan sistem manajemen mutu ISO 9001:2015 di SMKN 5 Banjarmasin adalah terciptanya sistem kerja yang lebih baik, tertata sesuai prosedur dan dapat menciptakan budaya kerja tim yang menjunjung tinggi solidaritas dan profesionalisme kerja.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Unnamed user with email [email protected]
Date Deposited: 16 Feb 2023 07:34
Last Modified: 16 Feb 2023 07:34
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/22216

Actions (login required)

View Item View Item