EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Respons Mitigasi Perpustakaan terhadap Bencana Banjir di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Kalimantan Selatan

Nisa, Raudhatun (2023) Respons Mitigasi Perpustakaan terhadap Bencana Banjir di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Kalimantan Selatan. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (147kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (792kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (44kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (305kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (304kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (113kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (841kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (87kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (173kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (713kB)

ABSTRAK

Respons mitigasi bencana di perpustakaan merupakan upaya untuk mengurangi risiko kerugian akibat bencana di perpustakaan. Sebagai perpustakaan yang sudah secara langsung menghadapi bencana banjir pada tahun 2021, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Kalimantan Selatan membangun kesiapan dengan mengadakan beberapa kegiatan yang terkait mitigasi bencana khususnya mitigasi bencana banjir. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui respons mitigasi perpustakaan terhadap bencana banjir di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Kalimantan Selatan. Penelitian ini menggunakan penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah pustakawan dan staf perpustakaan dengan objek penelitian yaitu respons mitigasi perpustakaan terhadap bencana banjir di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Kalimantan Selatan. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun untuk menganalisis data menggunakan tiga tahapan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi data yang kemudian diuji keabsahan datanya dengan menggunakan metode triangulasi dan bahan referensi. Hasil dari penelitian ini yaitu bahwa respons mitigasi perpustakaan di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Kalimantan Selatan sudah terlaksana dengan cukup baik sesuai dengan Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2007 Pasal 47 tentang Mitigasi Bencana meliputi kegiatan penataan ruang, pengaturan pembangunan, pembangunan infrastruktur, penataan bangunan dan penyelenggaraan pendidikan, penyuluhan terkait kebencanaan di lingkungan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Kalimantan Selatan. Akan tetapi dalam hal penataan ruang dan penataan bangunan, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Kalimantan Selatan masih belum sepenuhnya menerapkan penataan yang memperhitungkan aspek risiko bencana.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z719 Libraries (General)
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 13 Mar 2023 00:21
Last Modified: 13 Mar 2023 00:21
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/22317

Actions (login required)

View Item View Item