EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Peningkatan Kemampuan Mengenal Angka 1-10 Melalui Media Benda Alam pada Anak Kelompok A TK Nurul Fata Banjarmasin

Aminah, Siti (2023) Peningkatan Kemampuan Mengenal Angka 1-10 Melalui Media Benda Alam pada Anak Kelompok A TK Nurul Fata Banjarmasin. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
1. PERNYATAAN.pdf

Download (382kB)
[img] Text
2. AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
3. ABSTRAK.pdf

Download (7kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (345kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (648kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (514kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (981kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (8kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (244kB)
[img] Text
10. LAMPIRAN.pdf

Download (561kB)

ABSTRAK

Minimnya kemampuan kognitif anak-anak kelompok A dalam mengenal angka 1-10 yang menjadi latar belakang dalam penelitian ini. Hasil observasi awal peneliti menunjukkan data dari 10 anak terdapat 3 anak yang masuk kriteria Berkembang Sesuai Harapan dan Berkembang Sangat Baik. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak dalam mengenal angka 1-10 dengan cara membentuk dan menulis angka 1-10 menggunakan media bahan alam yaitu pasir dan batu hias. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas dengan eknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, dokumentasi dan tes. Teknik analisa data menggunakan deskriftif kualitatif dan kuantitatif. Adapun langkahlangkah dalam penelitian ini meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi menggunakan model Kemmis Mc Taggart. Penelitian ini dilakukan sebanyak 2 siklus dengan 3 kali pertemuan pada tiap siklusnya dengan jumlah subjek penelitian sebanyak 10 anak terdiri dari 6 anak perempuan dan 4 anak lakilaki. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pada kemampuan kognitif anak dalam mengenal angka. Data pada siklus I menunjukkan kemampuan anak secara klasikal dalam mengenal dan meniru angka 1-10 diperoleh sebesar 50% (5 anak) dengan kriteria Berkembang Sesuai Harapan dan Berkembang Sangat Baik dan saat pelaksanaan siklus II meningkat menjadi 80% (8 anak) dengan kriteria Berkembang Sesuai Harapan dan Berkembang Sangat Baik. Adapun aktivitas anak selama mengikuti kegiatan menunjukkan tingginya minat anak terhadap media hal ini nampak dari antusias anak selama kegiatan dan kemampuan anak yang berkreasi menggunakan media tersebut. Anak memperhatikan dengan baik materi yang disampaikan dan bersikap aktif saat kegiatan tanya jawab maupun saat mengerjakan tugas.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Depositing User: Yulianti Herma
Date Deposited: 13 Mar 2023 06:36
Last Modified: 13 Mar 2023 06:36
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/22326

Actions (login required)

View Item View Item