EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Praktik Ibadah Salat Bagi Anak Usia Dini di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 32 Banjarmasin

Hilaliah, Nur (2023) Praktik Ibadah Salat Bagi Anak Usia Dini di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 32 Banjarmasin. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (204kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (164kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (330kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (265kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (190kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (166kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (178kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

ABSTRAK

Pendidikan praktik ibadah merupakan hal yang penting untuk perkembangan anak, pendidikan ibadah ditanamkan sejak dini agar anak menjalankan ibadahnya sesuai dengan anjuran Islam. Ibadah yang diperkenalkan dan dibiasakan pada anak bisa dimulai dari salat yaitu dengan mengajak anak untuk salat bersama-sama ke mesjid, walaupun anak melakukannya dengan cara meniru gerakan salat karena pada usia tersebut anak belum sempurna untuk melakukan gerakaan dan bacaannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan praktik salat bagi anak usia dini, faktor penghambat dan pendukung di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 32 Banjarmasin. Jenis penelitian studi kasus dengan pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kualitatif. Subjek dari penelitian ini adalah pendidik dan peserta didik kelompok B3. Adapun yang menjadi objek penelitian adalah praktik ibadah salat yang diajarkan di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 32 Banjarmasin. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Temuan dari penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran praktik ibadah salat yang dilaksanakan hari Jum’at disetiap minggunya, pelaksanaan praktik ibadah salat ini dimulai dari gerakan takbir sampai salam dengan guru membimbing di depan dan diikuti oleh peserta didik. Guru menggunakan metode pembiasaan dan role play dalam praktik ibadah salat. Perencanaan praktik ibadah salat ini yaitu kurikulum, buku ajar serta tujuan dari lembaga sendiri dengan mencetak generasi yang Islami dengan memiliki ilmu-ilmu agama. Faktor pendukung dalam praktik salat ini yaitu terencana atau terprogram yang tercantum dalam penilaian bentuk ceklis di rapor anak sedangkan faktor penghambat yaitu terbatasnya ruangan, kurangnya guru pendamping dan kurangnya pengenalan praktik wudhu secara langsung.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 13 Apr 2023 02:11
Last Modified: 13 Apr 2023 02:11
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/22649

Actions (login required)

View Item View Item