EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Implementasi Pasal 5 Ayat 1 Peraturan Daerah No 1 Tahun 2018 Tentang Penyelenggaraan Pendidikan (Studi Kasus Tunawisma Anak Wilayah Barabai)

Julaiha, Siti (2023) Implementasi Pasal 5 Ayat 1 Peraturan Daerah No 1 Tahun 2018 Tentang Penyelenggaraan Pendidikan (Studi Kasus Tunawisma Anak Wilayah Barabai). Skripsi, Syariah.

[img] Text
Surat Keterangan Keaslian.pdf

Download (66kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRACT.pdf

Download (31kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (321kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (321kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (157kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (14kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (188kB)
[img] Text
LAMPIRAN SKRIPSI.pdf

Download (10MB)

ABSTRAK

Tulisan ini dilatar belakangi oleh adanya sebuah peraturan daerah yang mengatur tentang upaya pemerintah dalam penyelenggaraan pendidikan, dimana setiap individu yang berusia tujuh sampai dengan lima belas tahun wajib melaksanakan pendidikan dasar sebagaimana diatur dalam peraturan daerah no 1 tahun 2018 tentang penyelenggaraan pendidikan pasal 5 ayat 1 yang berbunyi “setiap warga daerah yang berusia tujuh sampai dengan lima belas tahun wajib mengikuti pendidikan dasar” maka, dengan adanya peraturan tersebut mestinya setiap warga daerah kabupaten hulu sungai tengah sudah mendapatkan pendidikan. Namun, fakta dilapangan membuktikan bahwa masih banyak ditemui tunawisma anak yang semestinya diusia mereka duduk di bangku sekolah untuk mendapatkan hak berpendidikan malah berada pada tempat-tempat umum untuk memikirkan bagaimana cara bertahan hidup. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi pasal 5 ayat 1 peraturan daerah no 1 tahun 2018 tentang penyelenggaraan pendidikan terkhusus pada tunawisma anak dan untuk mengetahui apa saja faktor yang menghambat implementasi tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan yuridis sosiologis, yang membahas tentang pengetahuan hukum secara normatif empiris dengan melakukan observasi secara langsung ke obyeknya yaitu mengetahui bagaimana implementasi pasal 5 ayat 1 peraturan daerah no 1 tahun 2018 terhadap tunawisma anak. Dimana penelitian ini dilakukan tidak hanya mengkaji mengenai peraturan perundangundangan, namun mengamati reaksi dan interaksi yang terjadi ketika sistem norma itu bekerja di dalam masyarakat. Implementasi pasal 5 ayat 1 peraturan daerah nomor 1 tahun 2018 tentang penyelenggaraan pendidikan terhadap pasal belum terlaksana dengan maksimal. Hal ini dibuktikan dengan indikasi masih banyaknya tunawisma anak yang berkeliaran ditempat-tempat umum seperti persimpangan lampu merah, jembatan penyebrangan, pusat perbelanjaan dan lain-lain di umur yang masih diperkenankan untuk mendapatkan pendidikan yang menjelaskan bahwa misi pertama dinas pendidikan dalam meningkatkan ketersediaan akses pendidikan yang luas dan merata menjadi belum sepenuhnya berjalan lancar dengan beberapa faktor diantaranya tidak diketahui walinya, perubahan mindset pada anak, hidup seperti pengembara, dan alasan sebagai pilihan terakhir.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
K Law > K Law (General)
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 14 Jun 2023 03:21
Last Modified: 14 Jun 2023 03:21
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/23273

Actions (login required)

View Item View Item