EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Manajemen program budaya religius di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Kota Banjarmasin

Ashfiana, Salma (2023) Manajemen program budaya religius di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Kota Banjarmasin. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
000 PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN.pdf

Download (79kB)
[img] Text
001 AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
002 ABSTRAK.pdf

Download (111kB)
[img] Text
003 BAB I.pdf

Download (340kB)
[img] Text
004 BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (352kB)
[img] Text
005 BAB III.pdf

Download (53kB)
[img] Text
006 BAB IV.pdf

Download (512kB)
[img] Text
007 BAB V.pdf

Download (112kB)
[img] Text
008 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (222kB)
[img] Text
009 LAMPIRAN.pdf

Download (11MB)

ABSTRAK

Pentingnya program budaya religius pada madrasah sebagai pengamalan nilai-nilai keagamaan bagi peserta didik dan seluruh warga madrasah dalam rangka menghadapi perkembangan global yang pesat akhir-akhir ini telah mendorong manusia menjauh dari dunia agama dan spiritual mereka di mana mereka memanjakan nafsu, salah satu cara untuk mengurangi dampak tersebut yaitu mengisi waktu peserta didik dengan penanaman nilai-nilai religius melalui kegiatan keagamaan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan manajemen program budaya religius di MAN 2 Kota Banjarmasin. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Sumber data yang diperoleh dengan melalui wawancara, dokumentasi serta observasi. Adapun menjadikan informan utama Wakil kepala madrasah bidang kesiswaan, Pembina keagamaan, guru agama dan peserta didik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: MAN 2 Kota Banjarmasin telah melaksanakan manajemen program budaya religius selaras dengan visi misi madrasah. Pertama, perencanaan yang dilakukan oleh MAN 2 Kota Banjarmasin tentang program budaya religius di antaranya merumuskan visi, misi dan tujuan madrasah. dengan menyusun program kegiatan budaya religius berdasarkan waktu harian, mingguan, bulanan dan tahunan. Kedua, Pengorganisasian program budaya religius ialah kepala madrasah mengorganisasikan dengan membagi tugas penanggungjawab dalam mengelola program tersebut dengan diterbitkannya SK. Ketiga, pelaksanaan yakni menjalankan rencana kerja madrasah dalam program yang telah di rancang seperti budaya salam, shalat zuhur ashar berjama’ah, shalat jum’at, shalat sunnah, membaca menghafal qur’an, zikir, sholawat, Jum’at taqwa, PHBI, dan khataman. Dan yang terakhir, pengawasan dan evaluasi yang mana terus menerus dilakukan dalam perbaikan dan peningkatan program budaya religius dengan menjalankan proses perencanaan, pengorganisasian dan pelaksanaan di MAN 2 kota Banjarmasin, adapun pelaksanaan evaluasi dari peserta didik melaksanakan kegiatan PHBI yakni dengan adanya Laporan pertanggungjawaban kegiatan.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Sri Yuniarti Fitria
Date Deposited: 07 Jul 2023 06:42
Last Modified: 07 Jul 2023 06:42
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/23538

Actions (login required)

View Item View Item