EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Pengembangan LKPD Berbasis STEM-PjBL Untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa Pada Materi Pemanasan Global

Firdaus, Akhmad (2023) Pengembangan LKPD Berbasis STEM-PjBL Untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa Pada Materi Pemanasan Global. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (3MB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (2MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (39kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB 4.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (12MB)

ABSTRAK

Pemerintah telah mengembangkan kurikulum merdeka untuk meningkatkan literasi sains siswa dan menghadirkan pembelajaran berbasis proyek yang mengangkat masalah lingkungan seperti pemanasan global. Peneliti lain telah mengembangkan model pembelajaran STEM-PjBL yang merupakan pembelajaran berbasis proyek terintegrasi pendekatan STEM. Impelementasi dari kurikulum merdeka membutuhkan bahan ajar berbasis proyek. Bahan ajar yang berisikan prosedur kerja dan mampu mendorong siswa lebih aktif adalah LKPD. Prosedur kerja dalam LKPD dapat disusun berdasarkan tahapan pembelajaran STEM-PjBL. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui validitas, kepraktisan, dan efektifitas LKPD berbasis STEM-PjBL untuk meningkatkan literasi sains siswa pada materi pemanasan global. Metode penelitian yang digunakan untuk jenis penelitiannya adalah penelitian pengembangan dengan model 4-D yang dilakukan sampai 3 tahapan dari 4 tahapan 4-D, yaitu define, design dan develop. Sedangkan, untuk tahap dissiminate tidak dilakukan karena adanya kendala waktu penelitian. Subjek penelitiannya adalah validator yang terdiri dari 2 orang dosen dan 1 orang guru untuk menilai validitas LKPD berbasis STEM-PjBL serta 35 orang siswa untuk melihat kepraktisan dan efektifitas LKPD berbasis STEM-PjBL pada materi pemanasan global untuk literasi sains siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan soal tes. Instrumen yang digunakan berupa angket validasi, angket respon siswa, dan soal pre-test dan post-test. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa LKPD berbasis STEM-PjBL pada materi pemanasan global dinyatakan valid dengan nilai 85,78 % pada aspek media, 89,17 % pada aspek bahasa, dan 92,73 % pada aspek materi. Kepraktisan LKPD berbasis STEM-PjBL mempeoleh hasil rata-rata respon siswa sebesar 3,95. LKPD berbasis STEM-PjBL pada materi pemanasan global cukup efektif untuk meningkatkan literasi sains siswa dengan nilai p = 0,002 < 0,005 dengan d = 0,557 yang termasuk dalam kategori sedang. Sehingga LKPD berbasis STEM-PjBL pada materi pemanasan global untuk meningkatkan literasi sains layak untuk digunakan dalam pembelajaran fisika di kelas.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
Q Science > Q Science (General)
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 07 Jul 2023 08:14
Last Modified: 07 Jul 2023 08:14
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/23542

Actions (login required)

View Item View Item