EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Praktik Pengasuhan Anak Pasca Perceraian (Studi Kasus di Dusun Bambaler Kabupaten Barito Selatan)

Ernawati, Ernawati (2023) Praktik Pengasuhan Anak Pasca Perceraian (Studi Kasus di Dusun Bambaler Kabupaten Barito Selatan). Skripsi, Syariah.

[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN.pdf

Download (81kB)
[img] Text
AWAL .pdf

Download (2MB)
[img] Text
ABSTRAK .pdf

Download (49kB)
[img] Text
BAB 1 .pdf

Download (214kB)
[img] Text
BAB 2 .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (433kB)
[img] Text
BAB 3 .pdf

Download (120kB)
[img] Text
BAB 4 .pdf

Download (276kB)
[img] Text
BAB 5 .pdf

Download (53kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA .pdf

Download (191kB)
[img] Text
LAMPIRAN .pdf

Download (2MB)

ABSTRAK

Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya sebuah kasus tentang praktik pengasuhan anak pasca perceraian. Menjadi keunikan dari kasus ini praktik pengasuhan anak ketika terjadi perceraian bertolak belakang dengan peraturan UU dan juga KHI, di Dusun Bambaler ditetapkan bahwa pemeliharaan anak yang belum mumayiz atau dibawah umur 12 tahun jika laki-laki pemeliharaan hak asuh anak diberikan kepada ibunya, dan jika anak perempuan diberikan kepada ayahnya. Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana praktik pengasuhan anak pasca perceraian dan bagaimana Upaya orang tua dalam pengasuhan anak pasca perceraian. Penelitian ini menggunakan metode penelitian hukum empiris yang berlokasi di Dusun Bambaler Kabupaten Barito Selatan.Metode ini menggunakan metode studi kasus. Subjek dalam peneltian adalah Masyarakat Dusun Bambaler, sedangkan objeknya adalah pendapat dan alasan masyarat melakukan praktik prngasuhan anak pasca perceraian dengan kebiasaan setempat. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan Teknik wawancara. Teknik pengolahan data melalui editing, klasifikasi, deskripsi dan matriksasi dengan analisis data menggunakan deskrptif. Berdasarkan hasil penelitian ini ditemukan keseimpulan: Pertama. Penetapan hak asuh anak di Dusun Bambaler Kabupaten Barito Selatan dilakukan dengan melalui diskusi bersama kedua belah pihak mantan suami isteri dan dihadiri oleh aparatur dusun bambaler. Penetapan hak asuh anak tersebut dilakukan berdasarkan adat istiadat setempat apabila terdapat anak laki-laki dari hasil perkawinan maka hak asuh diberikan kepada ibunya. Disisi lain, apabila terdapat anak perempuan dari hasil perkawinan maka hak asuh diberikan kepada ayahnya. Berdasarkan kebiasaan tersebut bertolak belakang dengan UU No.1/1947 j.o UU No. 16/2019 dan KHI tidak berpedoman pada jenis kelamin. Kedua. Adapun Upaya orang tua dalam mengasuh anak juga cenderung didasarkan kebiasaan setempat, yang mana lebih di dominasi kepada penerima hak asuh anak. Sehingga tidak selaras dengan tataran KHI pasal 105 mengenai pemeliharaan anak.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
K Law > K Law (General)
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 10 Jul 2023 04:53
Last Modified: 10 Jul 2023 04:53
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/23548

Actions (login required)

View Item View Item