EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Pendidikan Literasi Kelas Tinggi pada Madrasah Ibtidaiyah Negeri 4 Banjar

Lestari, Lulu (2023) Pendidikan Literasi Kelas Tinggi pada Madrasah Ibtidaiyah Negeri 4 Banjar. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (223kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (2MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (193kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (525kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (480kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (335kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (512kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (312kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (421kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

ABSTRAK

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan kegiatan literasi di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 4 Banjar. Terdapat berbagai macam kegiatan literasi yaitu literasi baca tulis, literasi numerasi, literasi sains, literasi digital, literasi finansial, dan literasi budaya dan kewarganegaraan. Pendidikan literasi dalam proses pembelajaran merupakan komponen yang penting. Guru perlu menanamkan kegiatan literasi membaca dan menulis melalui pembiasaan dan melakukan kegiatan literasi yang bervariasi sehingga munculnya minat baca tulis peserta didik dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pendidikan literasi siswa kelas tinggi pada Madarsah ibtidaiyah Negeri 4 Banjar dan untuk mendeskripsikan faktor penghambat dan faktor pendukung Pendidikan literasi kelas tinggi pada Madrasah Ibtidaiyah Negeri 4 Banjar. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Sedangkan pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah murid dan guru kelas tinggi di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 4 Banjar. Objek penelitian ini adalah pedidikan literasi siswa kelas tinggi pada Madrasah Ibtidaiyah Negeri 4 Banjar dan faktor pendukung dan faktor penghambat pendidikan literasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian bahwa pendidikan literasi baca tulis siswa kelas tinggi pada Madrasah Ibtidaiyah Negeri 4 Banjar melalui tiga tahapan yaitu tahap pembiasaan, pengembangan dan pembelajaran. tahapan yang dilakukan dibantu dengan berbagai metode dan media yang menarik untuk meningkatkan minat baca peserta didik. Faktor pendukung kegiatan literasi adalah dukungan kepala sekolah, guru, dan motivasi orang tua dan tersedianya sarana dan prasarana seperti pojok baca dan perpustakaan sekolah, Sedangkan faktor penghambat pendidikan literasi adalah keterbatasan waktu guru dalam pendidikan kegiatan literasi, kurangnya dana, dan minimnya jumlah buku yang tersedia di perpustakaan maupun kelas.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 11 Jul 2023 01:16
Last Modified: 11 Jul 2023 01:16
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/23573

Actions (login required)

View Item View Item