EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Pemanfaatan OPAC (Online Public Acces Catalog) Sebagai Sarana Penelusuran Informasi di Perpustakaan MAN 1 Banjarmasin

Rahayu, Laras Shari Astria (2023) Pemanfaatan OPAC (Online Public Acces Catalog) Sebagai Sarana Penelusuran Informasi di Perpustakaan MAN 1 Banjarmasin. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN.pdf

Download (160kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (203kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (587kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (505kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (342kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (785kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (205kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (442kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

ABSTRAK

Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui tentang bagaimana pemanfaatan OPAC (Online Public Acces Catalog) sebagai sarana penelusuran informasi di perpustakaan MAN 1 Banjarmasin. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pemanfaatan OPAC sebagai sarana penelusuran informasi di perpustakaan MAN 1 Banjarmasin, serta apa saja kendala yang dihadapi pemustaka dalam menggunakan OPAC dalam penelusuran informasi. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa dan pustakawan MAN 1 Banjarmasin. Objek penelitian ini adalah pemanfaatan OPAC sebagai sarana penelusuran informasi serta kendalanya. Hasil penelitian ini adalah pemanfaatan OPAC dalam perpustakaan MAN 1 Banjarmasin dapat dikatakan belum maksimal digunakan oleh pemustaka tersebut. Hal ini dapat diketahui bahwasanya terdapat 16 pemustaka siswa yang hanya tiga orang pemustaka yang dapat menggunakan OPAC. Adapun pemustaka yang menggunakan OPAc sebagai berikut: (1) Pemustaka dapat menjelaskan dan menafsirkan mengenai suatu definisi dan fungsi kegunaan OPAC. (2) Pemustaka mampu mencontohkan dan memahami bagaimana menggunakan OPAC dalam mencari koleksi bahan pustaka dengan kata kunci. (3) Pemustaka mampu merangkum terkait suatu isi informasi yang ada di dalam OPAC berupa tampilan OPAC dan deskripsi informasi letak koleksi dan status tersedianya koleksi yang termuat di dalam OPAC dengan menjabarkannya melalui pemahamannya sendiri. Selain itu adapun kendala dalam penelusuran OPAC ini yaitu kurangnya pengetahuan pemustaka terhadap OPAC. Pemustaka disini adalah pemustaka yang tidak menggunakan OPAC, juga adapun kendala lain tidak diterapkan program pendidikan pemustaka di perpustakaan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z719 Libraries (General)
Depositing User: Sri Yuniarti Fitria
Date Deposited: 12 Jul 2023 05:46
Last Modified: 12 Jul 2023 05:46
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/23624

Actions (login required)

View Item View Item