EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Pelaksanaan Metode Al-Tibyan pada Pembelajaran Tahsin di Sekolah Tahfidz At-Tibyan Ma'had Al-Mubarak Banjarmasin

Hayati, Nur (2022) Pelaksanaan Metode Al-Tibyan pada Pembelajaran Tahsin di Sekolah Tahfidz At-Tibyan Ma'had Al-Mubarak Banjarmasin. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN.pdf

Download (227kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (121kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (485kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (637kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (284kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (655kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (247kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (230kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (718kB)

ABSTRAK

Penelitian ini membahas tentang pelaksanaan pembelajaran tahsin Alquran dengan menggunakan metode al-Tibyan di Sekolah Tahfizh At-Tibyan Banjarmasin. Sekolah Tahfizh At-Tibyan merupakan sekolah swasta di bawah naungan Yayasan Ma’had Al-Mubarak berbasis home school group yang setara dengan Sekolah Dasar direntang usia 7 sampai 12 tahun. Realitanya, secara umum kebanyakan anak-anak usia Sekolah Dasar (SD) belum dapat membaca Alquran dengan baik. Namun, di Sekolah Tahfizh At Tibyan Banjarmasin, peserta didiknya sudah mampu membaca Alquran dengan baik dan lancar, bahkan mayoritas siswa kelas 4 di Sekolah al-tibyan sudah mampu menghafal 5 Juz dari Alquran. Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana pembelajaran Alquran dengan menggunakan metode al-Tibyan serta mengetahui faktor-faktor yang mendukung dan menghambat pembelajaran Alquran dengan menggunakan metode al-Tibyan di Sekolah Tahfizh At-Tibyan. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yang menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik pengolahan data yang dilakukan adalah dengan teknik editing, klasifikasi, dan interpretasi. Kemudian dilakukan analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil dari penelitian ini diketahui pengajar mengikuti prosedur metode al- Tibyan yaitu al-Murojaah (mengulang pelajaran yang terdahulu), at-Tahdir (mengenalkan materi baru), al-Tamkin (pemahaman materi baru pada kata qur’aniah menggunakan bahasa Arab). Dilaksanakan dengan strategi pembelajaran interaktif dengan menggunakan tahajji yaitu mengeja huruf dan tajwid bacaan Alquran secara langsung dengan menggunakan bahasa Arab. Evaluasinyapun dilakukan secara berkala dan berkelanjutan. Adapun faktor pendukungnya yaitu media pembelajaran yang menunjang, biaya sekolah yang terjangkau, dukungan penuh dari sekolah, dan evaluasi bukan hanya dari peserta didik tetapi juga dilakukan oleh kelompok guru tahsin. Sedangkan faktor penghambatnya ialah peserta didik yang berbeda-beda tingkatan jilid dalam satu kelompok, kemampuan guru tahsin dalam mengelola kelompok yang berbeda-beda jilid, sekolah yang sarana dan prasarananya dan alokasi waktu yang kurang untuk satu kelompok yang berbeda-beda tingkatan jilid.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: FAHMI FAHMI FAHMI
Date Deposited: 13 Jul 2023 04:31
Last Modified: 13 Jul 2023 04:31
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/23644

Actions (login required)

View Item View Item