EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Pembelajaran Menghafal Al-Qur’an dengan Metode Wafa di SDIT Dhia El Widad

Jannah, Zahratul (2023) Pembelajaran Menghafal Al-Qur’an dengan Metode Wafa di SDIT Dhia El Widad. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN.pdf

Download (245kB)
[img] Text
BAGIAN AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (197kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (624kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (978kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (308kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (568kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (112kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (218kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

ABSTRAK

Menghafal Al-Qur‟an saat ini merupakan kegiatan yang banyak diterapkan dalam lembaga pendidikan. SDIT Dhia El Widad merupakan sekolah formal yang menerapkan pembelajaran menghafal Al-Qur‟an menggunakan metode Wafa. Sebelum penerapan metode Wafa, awalnya pihak sekolah menggunakan metode Iqra‟. Pergantian metode pembelajaran tersebut karena metode sebelumnya tidak ada penggunaan gerakan dalam hafalan, tidak dikenalkan bacaan tajwid, dan tidak menggunakan media pembelajaran. Oleh sebab itu diterapkan metode Wafa dalam pembelajaran menghafal Al-Qur‟an. Penelitian ini bertujuan untuk 1. Mengetahui perencanaan pembelajaran menghafal Al-Qur‟an menggunakan metode Wafa di SDIT Dhia El Widad. 2. Mengetahui pelaksanaan pembelajaran menghafal Al-Qur‟an menggunakan metode Wafa di SDIT Dhia El Widad. 3. Mengetahui bagaimana evaluasi pembelajaran menghafal Al-Qur‟an menggunakan metode Wafa di SDIT Dhia El Widad. Jenis pendekatan yang dilakukan oleh penulis adalah penelitian lapangan (field research). Metode penelitian yang digunakan ialah metode kualitatif. Teknik pengumpulan data penulis menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik pengolahan data yang digunakan yaitu koleksi data, editing, klasifikasi, dan interpretasi data. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan pembelajaran sesuai dengan pedoman buku Wafa dengan adanya periapan RPP, materi, media dan sumber belajar, serta perencanaan evaluasi. Pada pelaksanaan pembelajaran peserta didik juga terlihat antusias dengan adanya apersepsi dari guru, penggunaan nada hijaz yang merupakan ciri dari metode Wafa, sehingga mudah ditirukan oleh peserta didik, dan penggunaan alat peraga yang membuat peserta didik semangat dalam menghafal dan tidak cepat bosan. Adapun pada evaluasi terdapat 4 penilaian yaitu penilaian harian, penilaian perminggu, penilaian kenaikan jilid, dan penilaian ujian akhir (munaqasyah) yang dilakukan secara lisan.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 17 Jul 2023 08:01
Last Modified: 17 Jul 2023 08:01
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/23775

Actions (login required)

View Item View Item