EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Peran Guru dalam Penguatan Akhlak Peserta Didik di MI Tasrihul Islam Gambut Kabupaten Banjar

Muzaiyanah, Muzaiyanah (2023) Peran Guru dalam Penguatan Akhlak Peserta Didik di MI Tasrihul Islam Gambut Kabupaten Banjar. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (297kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (146kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (656kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (666kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (323kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (456kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (187kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (407kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

ABSTRAK

Pendidikan dalam agama Islam adalah tercapainya akhlak mulia, dalam mencapai akhlak mulia maka diperlukan peran seorang guru dalam melakukannya. Peneliti melihat peran guru dalam penguatan akhlak di MI Tasrihul Islam Gambut Kabupaten Banjar ini ketika melakukan praktek pengajar lapangan. Guru di MI Tasrihul Gambut begitu massif dan disiplin dalam membiasakan akhlak peserta didik. Sehingga peneliti melakukan kajian penelitian pada lokasi tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran guru dalam menguatkan akhlak peserta didik serta untuk mengetahui metode-metode yang digunakan guru dalam upaya peningkatan akhlak di MI Tasrihul Islam Gambut Kabupaten Banjar. Peneliti ingin melihat tentang pembinaan yang dilakukan baik secara materi ataupun perilaku, baik pendidikan dan pembinaan yang dilakukan di dalam kelas maupun di luar kelas. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Penelitian yang dilakukan di lingkungan tertentu dengan cara mendatangi tempat tersebut. Lokasi penelitian ini berada di sekolah MI Tasrihul Islam di Kecamatan Gambut Kabupaten Banjar. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif yaitu prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang atau pelaku yang diamati. Subjek dalam penelitian adalah Guru di Sekolah MI Tasrihul Islam Gambut Kabupaten Banjar ada berjumlah 3 orang. Sedangkan objeknya adalah peran dalam menguatkan akhlak peserta didik. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Selanjutnya proses data dengan koleksi data, klasifikasi, editing, dan di analisis dengan sudut pandang teori yang ada. Adapun hasil dari penelitian dari tahapan yang sudah disusun dan dilakukan menyatakan bahwa Peran Guru di MI Tasrihul Islam Gambut dalam meningkatan pendidikan Agama Islam pada anak usia sekolah dasar adalah dengan memberikan pemahaman tentang akhlak dan agama Islam, pemahaman terhadap pentingnya menerapkan akhlak, dan memberikan arahan tentang mencontoh akhlak mulia yang di contohkan Rasulullah Saw. Adapun metode yang digunakan guru di MI Tasrihul Islam Gambut dalam menguatkan akhlak peserta didik agama Islam pada anak usia sekolah dasar yaitu dengan metode pembiasaan, keteladanan, memberi nasihat, dan pengawasan.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 20 Jul 2023 02:01
Last Modified: 20 Jul 2023 02:01
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/23870

Actions (login required)

View Item View Item