EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Analisis Pesan Dakwah dalam Lirik Lagu “Sebelum Cahaya” Oleh Sabrang Mowo Damar Panuluh (Band Letto)

Norhidayani, Indri (2023) Analisis Pesan Dakwah dalam Lirik Lagu “Sebelum Cahaya” Oleh Sabrang Mowo Damar Panuluh (Band Letto). Skripsi, Dakwah dan Ilmu Komunikasi.

[img] Text
Pernyataan.pdf

Download (323kB)
[img] Text
Awal.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (438kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (721kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (901kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (510kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (910kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (227kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (444kB)
[img] Text
Lampiran.pdf

Download (675kB)

ABSTRAK

Dakwah dapat dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya yaitu melalui lirik lagu dan musik. Ada banyak sekali keunggulan berdakwah melalui musik. Dakwah semacam ini lebih diminati mad’u, karena selain untuk mendengarkan nasihat, dakwah melalui musik juga bersifat hiburan. Hal tersebeut juga dikarenakan, dakwah melalui musik sangat fleksibel. Oleh karena itu, dapat masuk dan relevan untuk berbagai kalangan profesi dan umur. Salah satu Grup Band Indonesia yang menyebarkan pesan dakwah melalui lagunya dengan unik adalah Band Letto dengan judul lagu “Sebelum Cahaya”. Keunikan tersebut terlihat karena dari awalnya grup Band Letto tidak pernah mengklaim dirinya sebagai Band Religi. Sampai pada beberapa tahun belakangan, penulis lagu tersebut yaitu Sabrang Mowo Damar Panuluh membeberkan makna yang sangai bernuansa islami pada lirik lagu Sebelum Cahaya. Keunikan semakin terlihat karena ternyata Sabrang sendiri merupakan putra dari kyai Indonesia terkenal yaitu Emha Ainun Nadjib yang mana banyak orang belum mengetahuinya. Dalam pelaksanaannya, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan menganalisis data berupa lirik lagu. Penulis menggunakan analisis isi dan juga analisis wacana Teun A. Van Dijk dengan mengkaji tiga dimensi, yaitu dimensi teks, dimensi kognisi sosial dan juga konteks sosial. Dengan menggunakan dua teori untuk membedah lirik lagu sebelum cahaya, maka penelitian ini tidak hanya berfokus pada teks lirik lagu Sebelum Cahaya saja, akan tetapi juga dilihat dari latar produser dan konteks sosial yang terbangun setelah terciptanya lagu tersebut. Pesan dakwah yang menonjol pada lirik lagu Sebelum Cahaya adalah dalam kategori tasawuf, dimana memberi pesan bahwa Allah Swt. dengan segala pertolongan dan kasih sayangNya selalu menemani setiap hambaNya dalam berproses dari kegelapan menuju cahaya.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Pascasarjana (Magister dan Dokter) > S2 Pendidikan Bahasa Arab
Pascasarjana (Magister dan Dokter) > S2 Ilmu Tasawuf
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 20 Jul 2023 05:30
Last Modified: 20 Jul 2023 05:30
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/23909

Actions (login required)

View Item View Item