EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Pengembangan Modul Matematika Berbasis Integrasi Keislaman pada Materi Trigonometri Kelas X di SMAN 10 Banjarmasin

Kanaki, Muhammad Khaujaki Al’am (2023) Pengembangan Modul Matematika Berbasis Integrasi Keislaman pada Materi Trigonometri Kelas X di SMAN 10 Banjarmasin. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN.pdf

Download (222kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (318kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (624kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (811kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (666kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (335kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (453kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

ABSTRAK

Pengembangan bahan ajar berbasis integrasi keislaman sangat jarang dan hampir tidak pernah digunakan/ diterapkan dalam pembelajaran. Sehingga peneliti berinisiatif mengembangkan sebuah produk bahan ajar berupa modul berbasis integrasi keislaman pada materi trigonometri sub materi ukuran sudut dan perbandingan trigonometri untuk kelas X SMAN 10 Banjarmasin. Modul berbasis integrasi keislaman dirasa mampu untuk memotivasi dan memberikan impuls kepada peserta didik agar semangat dalam mempelajari matematika serta menghargai bahwa matematika juga ada kegunaannya didalam kehidupan sehari- hari salah satunya dalam hal peribadatan umat islam. Tujuan daripada penelitian ini adalah untuk mengetahui kelayakan dari produk bahan ajar yang dikembangkan berupa modul pembelajaran untuk peserta didik kelas X pada materi trigonometri serta melihat respon peserta didik dan guru terhadap modul yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan pengembangan Research and Development (R&D) dengan menggunakan model penelitian dan pengembangan ADDIE. Subjek yang diambil dalam penelitian ada 2 orang ahli materi, 2 orang ahli media, 2 orang ahli materi integrasi keislaman, guru matematika, dan peserta didik kelas X SMAN 10 Banjarmasin. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan cara observasi, wawancara, kuesioner (angket), studi pustaka, dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi ahli, angket respon guru dan peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa penelitian pengembangan ini telah menghasilkan modul matematika berbasis integrasi keislaman materi trigonometri sub materi ukuran sudut dan perbandingan trigonometri sebagai bahan ajar. Dengan mengikuti langkah-langkah model pengembangan ADDIE yaitu tahapan Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation. Kemudian untuk melihat kelayakan dari modul matematika ini dilakukan melalui tiga tahap validasi yaitu tahap validasi ahli materi dengan kriteria Sangat Layak, tahap validasi ahli media dengan kriteria Sangat Layak dan validasi ahli materi integrasi keislaman dengan kriteria Sangat Layak. Kemudian penilaian dari respon guru dengan kriteria Sangat Baik dan respon peserta didik dengan kriteria Baik.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Depositing User: FAHMI FAHMI FAHMI
Date Deposited: 21 Jul 2023 00:10
Last Modified: 21 Jul 2023 00:10
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/23963

Actions (login required)

View Item View Item