EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Aktivitas Menghafal Al-Qur’an Santri Pondok Pesantren Al-Ihsan Banjarmasin

Hudrin, Hudrin (2023) Aktivitas Menghafal Al-Qur’an Santri Pondok Pesantren Al-Ihsan Banjarmasin. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (262kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (2MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (285kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (671kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (877kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (346kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (700kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (419kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (396kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

ABSTRAK

Satu ciri khas dalam pendidikan Islam adalah berlandaskan al-Qur’an, yang mana Islam itu sendiri rujukannya ialah al-Qur’an. Lalu pesantren sebagai lembaga pendidikan Islam tempat di mana santri menimba ilmu pengetahuan agama, misalnya al-Qur’an, tafsir, hadits, dan lain-lain. Belakangan ini, kegiatan menghafal al-Qur’an sudah bukan hal yang jarang lagi ditemui, karena banyaknya ditemui rumah-rumah tahfizh al-Qur’an, juga tingginya antusias masyarakat untuk menghafal al-Qur’an ataupun menjadikan anaknya sebagai penghafal al-Qur’an. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas menghafal al-Qur’an santri pondok pesantren Al-Ihsan banjarmasin, sehingga menghasilkan fokus penelitian, serta faktor yang mendukung serta menghambat aktivitas menghafal al-Qur’an santri. Jenis teknik pengumpulan data yang digunakan ialah observasi, wawancara dan dokumentasi jenis penelitian ini penelitian lapangan (field research). Dengan menggunakan pendekatan kualitatif dalam bentuk deskriptif. Pengolahan data menggunakan teknik editing data, klasifikasi data dan interpretasi data. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif yaitu penyajian data, analisis data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Aktivitas menghafal AlQur’an santri pondok pesantren Al-Ihsan Banjarmasin khususnya di pondok putra ini berisikan kegiatan keagamaan yang mana pembelajaran Al-Qur’an program tahfidz Al-Qur’an di pilih di sini berupa metode-metode dalam menghafal untuk di ajarkan kepada santri supaya para santri mudah dalam menghafalkan AlQur’an. tahfidz harian ada tiga metode diantaranya: sabaq, sabqi dan manzil. Adapun ketiga dari metode tersebut wajib bagi para santri juga prosesnya dilakukan setiap hari. Lalu ada juga metode tahsin dan gardan. terkait aktivitas para santri ada beberapa aktivitas sebagaimana aktivitas santri membaca, menghafal, menyetorkan hafalan serta muroja’ah hafalan mereka.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 26 Jul 2023 00:54
Last Modified: 26 Jul 2023 00:54
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/24234

Actions (login required)

View Item View Item