EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Tinjauan Hukum Islam Tentang Pelaksanaan Perjanjian Kerja dalam Pembuatan Kapal Pinisi (Studi Kasus di Desa Pagarruyung Kecamatan Kusan Hilir Kabupaten Tanah Bumbu)

Bahriansyah, Bahriansyah (2023) Tinjauan Hukum Islam Tentang Pelaksanaan Perjanjian Kerja dalam Pembuatan Kapal Pinisi (Studi Kasus di Desa Pagarruyung Kecamatan Kusan Hilir Kabupaten Tanah Bumbu). Skripsi, Syariah.

[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN.pdf

Download (223kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (131kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (327kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (415kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (176kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (293kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (135kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (196kB)
[img] Text
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

ABSTRAK

Pada penelitian ini dijelaskan bahwa pernah terjadi bila kapal telah terselesaikan namun pembelinya belum mempunyai uang untuk membayaranya maka terjadinya penahanan kapal karena tidak sesuaian dari perjanjian di awal di Desa Pagarruyung. Penelitian bertujuan untuk mengetahui apakah dampak bila perjanjian tidak sesuai dengan perjanjian di awal yang dirasakan oleh pembuat dan pemesan kapal di Desa pagarruyung Kecamatan Kusan Hilir Kabupaten Tanag Bumbu. Penelitian ini merupakan penelitian deskritif kualitatif dengan pendeketan studi kasus. Dengan subjek penelitian tersebut para pihak yang terlibat atau yang mengetahui mengenai perjanjian kerja pembuatan kapal pinisi oleh pemesan dan pembuat kapal. adapun data yang didapatkan dari penelitian yaitu melalui observasi, wawancara, serta dokumentasi melalui proses pengumpulan data dan menganalis data tersebut. Berdasarkan data yang sudah dijelaskan bahwa dalam pelaksanaan kerja pembuatan kapal pinisi menggunakan perjanjian lisan, dimana isi perjanjian membahas tentang bentuk, model, ukuran, tinggi, harga, sistem pembayaran, jangka waktu, dll tergantung kesepakatan kedua pihak dalam perjanjian diawal. dampak bila terjadi ketidak sesuian perjanjian diawal bila sistem pembayaran ditanggung oleh pembuat kapal, misalkan pembuat telah selesai melakukan pekerjaan sesuai tepat waktu, tapi pembeli tidak mempunyai uang untuk membayarnya, maka pembuat kapal akan dirugikan, sedangkan bila mana pembuat melakukan kesalahan tidak sesuai dengan perjanjian, misalkan bentuknya berbeda yang di inginkan pemesan maka si pembuat kapal harus bertanggung jawab. Dalam pandangan hukum islam dalam kasus tersebut bahwa perjanjian kerja pembuatan kapal pinisi tersebut belum dibenarkan oleh hukum islam kerana mengandung ke mudharatan yang berkaitan dengan pembahasan, ditemukan kesalahan yaitu: pemesan melanggar perjanjian diawal. dan pembuat kapal melanggar kesepakatan atau perjanjian karena waktu yang telah ditentukan untuk menyelesaikan kapal tidak sesuai dengan kesepakatan diawal.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
K Law > K Law (General)
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 26 Jul 2023 00:45
Last Modified: 26 Jul 2023 00:45
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/24240

Actions (login required)

View Item View Item